relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61169/ title: KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR AL-QURAN PADA SISW A TUNA NETRA KELAS I DI MTs LB/A YAKETUNIS YOGYAKARTA creator: Wiwin Sugiarti, NIM.: 00410285 subject: Pendidikan Agama Islam subject: DISABILITAS description: Suatu kewajiban yang utama bagi setiap muslim untuk mengajarkan dan mempelujari Al-Quran dan tidak ada alasan untuk tidak melaksanakan serta tidak terkecuali baik itu muda ataupun tua, miskin atau kaya, pintar atau bodoh dan normal maupun tidak normal (cacat). Anak-anak cacat berhak mendapat pendidikan sebagaiman anak-anak normal lainnya karena pada dasamya setiap manusia dilahirkan ke dunia mempunyai hak dan kewajiban yang sama dalam menuntut ilmu. Selain itu dalam proses belajar mengajar Al"-Qunin pada siswa tuna netra kelas I di MTs LB\A Yaketunis Yogyakarta· guru juga menemui hambatan-hambatan. Rumusan masalah yang muncul berkaitan dengan pembelajaran Al-Quran di kelas I MTs LB/ A Yaketunis Yogyakarta akan dibahas dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Analisis kualitatif data ditampilkan dalam bentuk verbal, serta proses, maka analisis data dilakukan sejak tahap pengumpulan data. Olch karcna itu pcncliti ukun membuwu konsekuensi pada metode pengumpulan data yang harus mengungkap data secara wajar dalam keseharian subyek penelitian. Kesimpulan penelitian ini adalah: 1). Tujuan pembelajaran Al-Quran untuk kelas I