%0 Thesis %9 Skripsi %A Nur Akhadatul Munawaroh, NIM.: 19104020043 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2023 %F digilib:61171 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Problematika Qirā’ah Jahriyyah, Teks Arab, Fonologi %P 117 %T PROBLEMATIKA QIRA’AH JAHRIYYAH DITINJAU DARI SEGI FONOLOGI SISWA KELAS III MIN 3 BANTUL TAHUN AJARAN 2022/2023 %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61171/ %X Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan problematika-problematika Qirā’ah Jahriyyah yang ditinjau dari segi fonologi pada siswa kelas III B MIN 3 Bantul DI Yogyakarta serta untuk mengetahui upaya-upaya yang dilakukan oleh guru dalam mengatasi problematika tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitiannya berupa studi kasus yang dilakukan di MIN 3 Bantul DI Yogyakarta. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas III B, guru mata pelajaran bahasa Arab serta kepala sekolah MIN 3 Bantul DI Yogyakarta. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dalam pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab utamanya pada qirā’ah jahriyyah pada segi fonologi terdapat problematika yang terjadi. Problematika yang terjadi antara lain pada aspek fonetik (vokal dan konsonan) dan aspek fonemik (bacaan yang pengucapannya hampir sama namun memiliki makna yang berbeda). Adanya problematika-problematika tersebut dilatarbelakangi oleh beberapa faktor. Faktor tersebut dikategorikan menjadi dua kategori; faktor kesulitan qirᾱ’ah jahriyyah pada siswa dan faktor kesulitan qirᾱ’ah jahriyyah dari segi fonologi. faktor kesulitan qirᾱ’ah jahriyyah siswa terbagi menjadi dua; faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal antara lain: 1) Siswa tidak percaya diri; 2) Kurangnya kecakapan dalam mengenal huruf hijaiyah; dan 3) Tidak mampu melafalkan. Sedangkan, faktor eksternal antara lain: 1) Tidak jelasnya syakal pada huruf; 2) Tidak terdapat syakal; dan 3) Dukungan berupa pengikutsertaan pada lembaga pembelajaran Al-Qur’an. Sedangkan, faktor kesulitan qirᾱ’ah jahriyyah dari segi fonologi terdapat dua kategori; faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal antara lain: 1) siswa masih belum mampu membunyikan bunyi bacaan dengan baik dan benar; 2) siswa masih belum mampu minimal mengenal huruf hijaiyah. Faktor eksternal antara lain: 1) dialek dan logat setempat; dan 2) adat dan kebiasaan masyarakat setempat. Berdasarkan problematika dan faktor yang melatarbelakangi problematika tersebut, Hal paling mendasar yang perlu dilakukan oleh guru dalam mengatasi problematika saat pembelajaran bahasa Arab adalah melakukan pendekatan pada siswa melalui penerapan metode pembelajarn yang menarik dan kreatif. Metode yang dimaksud penulis adalah Audio-lingual, TPR (Total Physical Response) dan Interval Manuver Burtonal. Setelah dilakukan pendekatan, guru menerapkan langkah-langkah penanggulangan problematika. Langkah-langkah tersebut diantaranya; Penyajian model pelafalan, pemberian latihan/drill dan pemberian PR berupa vn atau rekaman yang dikirim kepada guru. Setelah rekaman dikirim kepada guru, guru menganalisis letak kesalahannya kemudian diperbaiki. %Z Pembimbing: Dr. Dailatus Syamsiyah, S.Ag., M.Ag.