%A NIM.: 19104020048 Hanif Bilfaqih %O Pembimbing: Dr. Sembodo Ardi Widodo, S.Ag., M.Ag. %T IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB PADA SISWA SDIT SALSABILA AL MUTHI’IN YOGYAKARTA TAHUN AKADEMIK 2022/2023 %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) di kelas V SDIT Salsabila Al Muthi’in Yogyakarta, dan untuk mengetahui apakah ada peningkatan setelah diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) serta mengukur seberapa besar peningkatannya. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi experiment nonequivalent control group design. Penelitian ini mengambil data dari beberapa sumber diantaranya peserta didik dan guru pengampu bahasa Arab dengan menggunakan observasi, wawancara, tes, serta dokumentasi. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh peserta didik SDIT Salsabila Al Muthi’in Yogyakarta, kemudian dipilih sampel yaitu kelas VA sebagai kelas eksperimen dan kelas VB sebagai kelas kontrol. Sebelum data dianalisis, data terlebih dahulu diuji dengan uji Kolomogrov-Smirnov dan uji varian untuk mengetahui bahwa data berdistribusi normal dan homogen. Data diuji dengan uji wilcoxon sebagai alternatif dari uji paired sample t test karena data tidak berdistribusi normal dan tidak bersifat homogen. Hasil Penelitian ini menunjukkan: (1) langkah-langkah implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) dimulai dari presentasi, pembuatan kelompok, kuis, tes kemajuan individu, dan rekognisi tim.(2) Hasil perhitungan menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan setelah diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) lalu data dianalisis dengan uji N-Gain untuk mengetahui jumlah peningkatan hasil belajar bahasa Arab. Hasil perhitungan menunjukkan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) dinyatakan “cukup efektif” karena memiliki rata-rata 64,3533 atau 65%, hal ini berdasarkan pada tabel kategori tafsiran efektivitas nilai N-Gain. %K Student Teams Achievement Divisions (STAD), Bahasa Arab, Hasil Belajar %D 2023 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib61172