%0 Thesis %9 Skripsi %A Erna Nurhamidah, NIM.: 19104020050 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2023 %F digilib:61173 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Pendekatan Humanistik, Carl R. Rogers, Pembelajaran Bahasa Arab %P 153 %T IMPLEMENTASI PENDEKATAN HUMANISTIK CARL R. ROGERS DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MTsN 10 SLEMAN %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61173/ %X Dalam dunia Pendidikan dikenal beberapa teori pendekatan, salah satunya adalah pendekatan humanistik. Fokus pendekatan humanistik dalam penelitian ini adalah pendekatan humanistik berdasarkan pemikiran Carl R. Rogers. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjawab persoalan-persoalan yang terjadi dalam proses pembelajaran Bahasa Arab di kelas VII MTsN 10 Sleman dengan menggunakan pendekatan humanistik. Dengan penelitian ini diharapkan dapat memberikan solusi kepada semua pihak dalam pembelajaran bahasa Arab secara umum, dan khususnya di MTsN 10 Sleman sebagai tempat dilakukannya penelitian ini. Penelitian dalam skripsi ini termasuk jenis penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan (observasi), wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data yang dilakukan penulis adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat implementasi pendekatan humanistik berdasarkan pemikiran Carl R. Rogers dalam pembelajaran Bahasa Arab di kelas VII MTsN 10 Sleman. Guru senantiasa memberikan motivasi, bertindak sebagai fasilitator dan mediator dengan memberikan metode pembelajaran yang menyenangkan, penciptaan suasana kelas yang nyaman tanpa ancaman, para peserta didik ikut berpartisipasi dalam proses pembelajaran, serta menumbuhkan dan mengembangkan potensi-potensi yang ada pada diri peserta didik. Namun ada beberapa hambatan terkait implementasi pendekatan humanistik yaitu kurangnya waktu interaksi atau pendekatan secara personal antara guru dan peserta didik, kemampuan peserta didik dalam membaca tulisan Arab, serta sarana dan prasarana yang kurang berjalan dengan baik selama proses pembelajaran berlangsung. Kemudian untuk solusinya adalah memberikan kelas tambahan untuk mempelajari dan mengkaji Al-Quran, mengadakan kegiatan atau kebiasaan yang dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam memahami bahasa arab. Selain itu perlu adanya perbaikan sarana dan prasarana yang akan mendukung proses penyampaian pembelajaran. %Z Pembimbing: Dr. Nasiruddin, M. Si, M. Pd