TY - THES N1 - Pembimbing: Dr. Muhajir, S. Pd.I., M. S.i. ID - digilib61174 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61174/ A1 - Fitrotul ?Izza, NIM.: 19104020064 Y1 - 2023/08/16/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan : (1) implementasi thariqah qira?ah dalam perspektif Albert Bandura di Kelas V B MI Al Muhsin 1 Krapyak Yogyakarta, (2) kendala dari implementasi thariqah qira?ah dalam perspektif Albert Bandura di Kelas V B MI Al Muhsin 1 Krapyak Yogyakarta. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan analisis deskriptif kualitatif. Adapun objek penelitiannya adalah pembelajaran Bahasa Arab dengan thariqah qira?ah perspektif Albert Bandura di kelas V B MI Al Muhsin 1 Krapyak Yogyakarta. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi non partisipasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pembelajaran bahasa Arab dengan thariqah qira?ah di kelas V B MI Al Muhsin 1 menggunakan thariqah sari?ah atau metode membaca cepat. Adapun pelaksanaan pembelajaran Bahasa Arab dengan thariqah qira?ah di kelas V B MI Al Muhsin 1 Krapyak Yogyakarta merupakan implementasi dari teori kognitif Albert Bandura, yaitu dalam proses pembelajarannya sesuai dengan pembelajaran observasional atau modelling. Yang mana dalam mencapai hal tersebut melalui langkah-langkah sebegai berikut; a) atensi (perhatian), b) retensi (pemertahanan), c) produksi, dan d) motivasi. (2) pempimplementasian kedua hal di atas tidak menutup kemungkinan adanya kendala yang dihadapi. Dalam hal ini kendala tersebut terklasifikasikan sebagai berikut; a) dalam pelaksanaan atensi, terdapat siswa yang masih tergolong sulit dalam memusatkan perhatian mereka saat mendengarkan informasi dan sulit mempertahankan perhatian pada hal yang sedang dikerjakan. b) dalam pelaksanaan retensi, terdapat siswa yang kesulitan dalam memahami gramatika dasar Bahasa Arab. Siswa masih kesulitan dalam memahami dan membedakan setiap kata kerja dan pelakunya dalam suatu kalimat. c) kendala yang dihadapi dalam proses produksi adalah siswa tidak percaya diri dengan kemampuan mereka sendiri ketika mendapat perintah maju ke depan kelas. d) kendala dalam aspek motivasi adalah siswa akan merasa antusias dalam mengerjakan tugas jika mendapatkan hadiah/imbalan. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Pembelajaran Bahasa Arab KW - Thariqah Qira?ah KW - Teori Kognitif Albert Bandur M1 - skripsi TI - PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DENGAN THARIQAH QIRA?AH DI KELAS V B MI AL-MUHSIN 1 KRAPYAK YOGYAKARTA (PERSPEKTIF ALBERT BANDURA) AV - restricted EP - 150 ER -