eprintid: 61183 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 12243 dir: disk0/00/06/11/83 datestamp: 2023-10-12 02:01:35 lastmod: 2023-10-12 02:01:35 status_changed: 2023-10-12 02:01:35 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muchti.nurhidayaah@uin-suka.ac.id creators_name: Nasrullah, NIM.: 00410502 title: PERANAN GURU AGAMA DALAM MEMBINA PRIBADI MUSLIM PADA SISWA SLTP MUHAMMADIYAH 2 GAMPING YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: P subjects: ust_ divisions: jur_pai full_text_status: restricted keywords: motivator; belajar; ekstrakulrikuler; guru agama note: Pembimbing: Dra.H. Siti Barrirotun abstract: Sudah menjadi kenyataan bahwa kemajuan suatu bangsa selalu dipengaruhi dengan adanya keberhasilan dalam dunia Pendidikan. Mengamati fenomena empirik yang ada disekeliling kita maka tampaklah bahwa pada saat ini terdapat banyak kasus kenakalan dikalangan remaja/pelajar. Timbulnya kasus-kasus kenakalan remaja memang tidak semata-mata karena kegagalan pendidikan agama Islam di sekolah yang lebih menekankan pada aspek kognitif, akan tetapi bagaimana semuanya itu dapat mendorong serta menggerakkan guru PAI untuk mencerrnati kembali dan mencari solusi lewat pengembangan pernbelajaran pendidikan agama Islam yang berorientasi pada pendidikan nilai (afektif ). Pelaksanaan belajar-mengajar serta penanaman nilai-nilai Islam di SLTP Muhammadiyah 2 Gamping Yogyakarta dijadikan obyek penelitian ini. SL TP Muhahammadiyah 2 Gamping Y ogyakarta merupakan lembaga pendidikan Islam yang rnencetak siswa yang berpribadi muslim serta rnenjadikan lslam ini sebagai pandangan hidupnya untuk keselamatan dan kesejahtraan hidup di dunia dan akhirat. Metode penelitian ini adalah dengan kuantitatif dan kualitatif. Cara pengambilan data dengan menggunakan tekhnik non random sampling, yaitu tekhik purposive sampling. Kesimpulan penelitian ini adalah: 1. Guru agama SLTP Muhammadiyah 2 Gamping Yogyakarta sudah menjalankan perannya dengah baik karena telah berperan sebagai a. Fasilitator Sebagai bukti : guru agama selalu meningkatkan keahlian serta mernperluas khasanah pengetahuannya kemudian ditranforrnasikan kepada para murid. b. Motivator Sebagai bukti : guru agama memberikan dorongan, nasehat-nasehat serta cerita-cerita kepada siswa. c. Pembimbing Sebagai bukti : guru agama bekerjasama dengan guru BP untuk mengatasi rnasalah siswa. 2. Berbagai macam usaha yang diberikan guru agama pada diri siswa baik pada bidang kurikuler, kokurikuler maupun ekstrakurikuler sangatlah membantu siswa di dalam proses pengembangan kepribadian muslim selanjutnya walaupun masih ada sebagian kecil usaha yang dilakukan oleh guru agama yang belum diterima dengan baik oleh para siswa, ha! ini terbukti dengan jawaban angket yang diberikan oleh siswa. 3. Dari hasil wawancara penulis dengan guru agama tentang metode pembina:rn, seb.gairnana yang telah diuraikan pada bab Ill, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa metode-metode yang diterapkan oleh guru agama meliputi: a. Metode Ccramah, b. Metode Teladan, c. Metode Praktek, d. Metode Pengawasan, e. Metode Larangan, f. Metode Hukuman date: 2005-02-02 date_type: published institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Nasrullah, NIM.: 00410502 (2005) PERANAN GURU AGAMA DALAM MEMBINA PRIBADI MUSLIM PADA SISWA SLTP MUHAMMADIYAH 2 GAMPING YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61183/1/00410502_BAB%20I_BAB%20IV_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61183/2/00410502_BAB%20II_BAB%20III.pdf