TY - THES N1 - Pembimbing: Dr. Hibana, S.Ag., M.Pd. ID - digilib61192 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61192/ A1 - Sofi Naila Sa?adah, NIM.: 19104030031 Y1 - 2023/07/31/ N2 - Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena kurangnya kematangan kesiapan bersekolah yang sering terjadi pada masa transisi anak usia dini menuju jenjang pendidikan SD/MI. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan: (1) Implementasi kurikulum merdeka di RA Nurul Dzikri, (2) Implementasi Kurikulum Merdeka Terhadap kesiapan anak memasuki SD/MI di RA Nurul Dzikri Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dijabarkan secara deskriptif analisis. Subjek dalam penelitian ini yaitu Kepala Sekolah, Guru Kelompok B, dan juga murid kelompok B. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah (1) observasi untuk memperoleh data awal pada saat kegiatan pengamatan berlangsung; (2) wawancara untuk menggali informasi yang lebih mendalam dan mendapatkan informasi yang akurat terkait dengan Implementasi kurikulum merdeka terhadap kesiapan anak usia dini memasuki SD/MI; (3) dokumentasi untuk menggali informasi lebih mengenai objek penelitian selama kegiatan berlangsung dalam bentuk foto dan sumber tertulis yang berkaitan dengan implementasi kurikulum Merdeka terhadap kesiapan anak usia dini memasuki SD/MI di RA Nurul Dzikri. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Implementasi Kurikulum Merdeka di RA Nurul Dzikri mulai diterapkan sejak semester genap pada tahun 2022. Lembaga pendidikan RA Nurul Dzikri menerapkan Kurikulum Merdeka secara penuh dengan menggunakan media loose parts; (2) Kurikulum Merdeka merupakan faktor eksternal yang mendukung kesiapan anak usia dini memasuki SD/MI. Pembelajaran dan kegiatan yang dirancang dalam kurikulum baru ini dapat meningkatkan dan juga menstimulasi kesiapan anak kelompok B di RA Nurul Dzikri untuk memasuki SD/MI; (3) anak kelompok B di RA Nurul Dzikri memiliki kesiapan yang baik. Mereka telah memenuhi indikator dasar dalam kesiapan memasuki SD/MI. Anak-anak juga mengikuti pembelajaran dan juga kegiatan dalam kurikulum merdeka dengan baik. Maka dari itu, kesiapan bersekolah mereka juga ikut terbentuk dengan baik. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Kurikulum Merdeka KW - Satuan Raudhatul Athfal KW - Anak Usia Dini M1 - skripsi TI - IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA TERHADAP KESIAPAN ANAK USIA DINI MEMASUKI SD/MI DI RA NURUL DZIKRI AV - restricted EP - 216 ER -