eprintid: 61192 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/06/11/92 datestamp: 2023-10-12 03:38:53 lastmod: 2023-10-12 03:38:53 status_changed: 2023-10-12 03:38:53 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Sofi Naila Sa’adah, NIM.: 19104030031 title: IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA TERHADAP KESIAPAN ANAK USIA DINI MEMASUKI SD/MI DI RA NURUL DZIKRI ispublished: pub subjects: kur_pen subjects: pen_anak divisions: pa_uds1 full_text_status: restricted keywords: Kurikulum Merdeka, Satuan Raudhatul Athfal, Anak Usia Dini note: Pembimbing: Dr. Hibana, S.Ag., M.Pd. abstract: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena kurangnya kematangan kesiapan bersekolah yang sering terjadi pada masa transisi anak usia dini menuju jenjang pendidikan SD/MI. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan: (1) Implementasi kurikulum merdeka di RA Nurul Dzikri, (2) Implementasi Kurikulum Merdeka Terhadap kesiapan anak memasuki SD/MI di RA Nurul Dzikri Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dijabarkan secara deskriptif analisis. Subjek dalam penelitian ini yaitu Kepala Sekolah, Guru Kelompok B, dan juga murid kelompok B. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah (1) observasi untuk memperoleh data awal pada saat kegiatan pengamatan berlangsung; (2) wawancara untuk menggali informasi yang lebih mendalam dan mendapatkan informasi yang akurat terkait dengan Implementasi kurikulum merdeka terhadap kesiapan anak usia dini memasuki SD/MI; (3) dokumentasi untuk menggali informasi lebih mengenai objek penelitian selama kegiatan berlangsung dalam bentuk foto dan sumber tertulis yang berkaitan dengan implementasi kurikulum Merdeka terhadap kesiapan anak usia dini memasuki SD/MI di RA Nurul Dzikri. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Implementasi Kurikulum Merdeka di RA Nurul Dzikri mulai diterapkan sejak semester genap pada tahun 2022. Lembaga pendidikan RA Nurul Dzikri menerapkan Kurikulum Merdeka secara penuh dengan menggunakan media loose parts; (2) Kurikulum Merdeka merupakan faktor eksternal yang mendukung kesiapan anak usia dini memasuki SD/MI. Pembelajaran dan kegiatan yang dirancang dalam kurikulum baru ini dapat meningkatkan dan juga menstimulasi kesiapan anak kelompok B di RA Nurul Dzikri untuk memasuki SD/MI; (3) anak kelompok B di RA Nurul Dzikri memiliki kesiapan yang baik. Mereka telah memenuhi indikator dasar dalam kesiapan memasuki SD/MI. Anak-anak juga mengikuti pembelajaran dan juga kegiatan dalam kurikulum merdeka dengan baik. Maka dari itu, kesiapan bersekolah mereka juga ikut terbentuk dengan baik. date: 2023-07-31 date_type: published pages: 216 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Sofi Naila Sa’adah, NIM.: 19104030031 (2023) IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA TERHADAP KESIAPAN ANAK USIA DINI MEMASUKI SD/MI DI RA NURUL DZIKRI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61192/1/19104030031_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61192/2/19104030031_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf