TY - THES N1 - Pembimbing: Alfian Eko Widodo Adi Prasetyo, M.Pd. ID - digilib61197 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61197/ A1 - Muslikah, NIM.: 19104030071 Y1 - 2023/08/24/ N2 - Kearifan lokal merupakan kumpulan nilai dan perspektif yang tumbuh secara alami di masyarakat setempat sebagai pedoman dalam tindakan. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Menjelaskan pembelajaran tari kreasi dalam mengenalkan kearifan lokal untuk anak usia 4-8 tahun di Sanggar Seni Kinanti Sekar; (2) mendeskripsikan hasil belajar mengenalkan kearifaan lokal melalui pembelajaran tari kreasi untuk anak usia 4-8 tahun di Sanggar Seni Kinanti Sekar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan pada 15 Mei sampai dengan 30 Juli 2023 yang bertempat di Sanggar Seni Kinanti Sekar yang bercabang di Pendopo Agung Ambarukmo. Subjek penelitian ini adalah pengelola sanggar, dua guru kelas tari, 3 peserta didik dan 3 orang tua pada kelas tari kreasi anak.teknik pengumpulan data dilaksanakan dengan metode observasi lapangan, wawancara terstruktur, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber. Hasil penelitian di lapangan menunjukan bahwa (1) pembelajaran tari kreasi dalam mengenalkan kearifan lokal untuk anak usia 4-8 tahun di Sanggar Seni Kinanti Sekar meliputi beberapa komponen yaitu tujuan, materi, metode, media dan evaluasi. (2) Hasil belajar mengenalkan kearifan lokal melalui pembelajaran tari kreasi untuk anak usia 4-8 tahun dapat dilihat pada tiga aspek yaitu aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Pada setiap aspek akan terdapat beberapa tingkatan, peserta didik mengalami perkembangan sesuai dengan tingkat kemampuan dan perkembangannya. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Pembelajaran Tari Kreasi KW - Krarifan Lokal KW - Hasil Belajar M1 - skripsi TI - MENGENALKAN KEARIFAN LOKAL MELALUI PEMBELAJARAN TARI KREASI UNTUK ANAK USIA 4-8 TAHUN DI SANGGAR SENI KINANTI SEKAR AV - restricted EP - 123 ER -