eprintid: 61204 rev_number: 17 eprint_status: archive userid: 12243 dir: disk0/00/06/12/04 datestamp: 2023-10-12 07:46:06 lastmod: 2023-10-12 07:46:06 status_changed: 2023-10-12 07:46:06 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id creators_name: Aminah, NIM.: 00410406 title: REVITALISASI PERAN GURU DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH (Perspektif Sosiologi Pendidikan) ispublished: pub subjects: P subjects: ust_ divisions: jur_pai full_text_status: restricted keywords: kode etik guru; anak didik; tingkah laku; murid; kompetensi guru note: Pembimbing: Drs. H.R Abdullah Faiar. M.Sc abstract: Proses pendidikan di dalam suatu masyarakat yang terbuka merupakan suatu interaksi antara pendidik dan peserta didik. Interaksi yang terjadi tentunya sesuai dengan kemajuan teknologi serta bentuk masyarakatnya yang demokratis dan terbuka. Guru adalah seorang profesional di dalam masyarakat terbuka Apabila profesi guru tidak kompetitif, tidak profesicnal, maka hal itu akan beraki bat matinya profesi tersebut. Kualitas guru yang rendah dan guru yang tidak profesional kerap dikaitkan dengan keterpurukan pendidikan. Guru adalah sosok 'pahlawan tanpa tanda jasa", karena sebagai sebuah profesi, jasa guru tidak mendapatkan penghargaan yang selayaknya. Itulah sekilas gambaran sosok guru saat ini. Guru dalam konsep Islam adalah sumber ilmu dan moral. Ia merupakan tokoh identifikasi dalam hal keluasan ilmu dan keluhuran akhlaknya, sehingga anak didiknya selalu berupaya untuk mengikuti langkah­langkahnya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah a. Bagaimana pandangan rnasyarakat sekolah (anak didik, kepala sckolah dan guru) terhadap peran guru ? b. Hal-hal apa saja yang perlu direvitalisasi guna meningkatkan kompetensi personal, sosial dan profesional guru dalam pengembangan pendidikan agama islam? Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan, dalam penulisan ini pembahasan bersifat analisis deskripsi. Kesimpulan penelitian ini adalah 1). Pandangan dari sebagian masyarakat sekolah mengenai peran gum dalam menjalankan tugasnya sebagai pengaJar, pendidik, pembimbing dan pelatih dalam suatu lembaga pendidikan adalah sebagai berikut: a. Anak Didik, b. Kepala Sekolah, c. Guru 2). Sejalan dengan tugasnya sebagai seorang guru, peran guru-pun harus diimbangi dengan kompetensi yang harus dimiliki. Kompetensi itu adalah kompetensi personal, sosiai dan profesional. date: 2004-07-15 date_type: published institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Aminah, NIM.: 00410406 (2004) REVITALISASI PERAN GURU DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH (Perspektif Sosiologi Pendidikan). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61204/3/00410406_BAB%20I_BAB%20IV_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61204/4/00410406_BAB%20II%20SAMPAI%20BAB%20IV.pdf