TY - THES N1 - Pembimbing: Sumbaji Putranto, M.Pd. ID - digilib61212 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61212/ A1 - Salma Hakiim, NIM.: 19104040027 Y1 - 2023/07/11/ N2 - Pendidikan inklusi adalah alternatif yang diberikan pemerintah untuk membentuk kemandirian dan kepercayaan diri peserta didik difabel dalam pendidikan. Hal ini juga sejalan dengan hak setiap warga negara untuk mendapat pendidikan yang sama dan layak, tak terkecuali siswa dengan disabilitas seperti siswa difabel netra. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana proses Keterlaksanaan pembelajaran matematika peserta didik difabel netra di kelas inklusi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan di kelas X IPS 1 & 2 MAN 2 Sleman yang terdapat 4 peserta didik difabel netra pada bulan Februari sampai Mei 2023. Tahap-tahap penelitian yang dilakukan meliputi observasi, dokumentasi, dan wawancara dengan teknik analisis berupa reduksi data, analisis, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Instrumen yang digunakan adalah lembar pedoman observasi, lembar pedoman wawancara, dan lembar pedoman dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan kesimpulan bahwa 1) Pada proses persiapan wawancara, belum terdapat dokumen pelaksanaan pembelajaran yang menyinggung secara spesifik peserta didik difabel netra; 2) Pelaksanaan pembelajaran matematika di kelas, peserta didik difabel netra duduk di depan agar guru lebih mudah memantau peserta didik dan memberikan arahan atau penjelasan tambahan ketika peserta didik lain sedang mencatat materi;3) Ketika pelaksanaan ujian atau terdapat soal latihan, peserta didik difabel netra mendapat keringanan untuk tidak mengerjakan soal yang berbentuk gambar atau diagram; 4) Kendala yang terjadi selama pelaksanaan pembelajaran diantaranya adalah media pembelajaran yang kurang, penjelasan guru dan teman sebangku yang terkadang masih belum dipahami peserta didik difabel netra, materi prasyarat yang belum dipahami, dan keterbatasan waktu pembelajaran. 5) Solusi yang dilakukan untuk mengatasi kendala tersebut adalah dengan guru dan peserta didik yang memanfaatakan media pembelajaran yang ada semaksimal mungkin, peserta didik difabel netra yang bertanya pada kakak kelas atau soaudara yang sekiranya dapat menjelaskan, dan guru yang memberikan waktu diluar jam pelajaran jika terdapat peserta didik yang ingin bertanya. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Proses Pembelajaran Matematika KW - Anak Berkebutuhan Khusus KW - Difabel Netra KW - Inklusi M1 - skripsi TI - ANALISIS KETERLAKSANAAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA PESERTA DIDIK DIFABEL NETRA DI KELAS INKLUSI MAN 2 SLEMAN AV - restricted EP - 233 ER -