TY - THES N1 - Pembimbing: Raekha Azka, M.Pd. ID - digilib61214 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61214/ A1 - Aqidatul Izzah, NIM.: 19104040043 Y1 - 2023/08/10/ N2 - Penelitian ini bertujuan 1) untuk mengetahui keefektifan penggunaan e-comic RIKA dengan model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis siswa. 2) untuk mengetahui keefektifan penggunaan e-comic RIKA dengan model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) ditinjau dari motivasi belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Negeri 9 Sleman. Sampel penelitian ini yaitu kelas VIII B dan VIII D, tahun ajaran 2022/2023. Teknik pengumpulan data menggunakan pretest-posttest kemampuan komunikasi matematis dan prescalepostscale motivasi belajar. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji T dan uji Mann Whitney dengan sebelumnya dilakukan uji prasyarat. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa 1) penggunaan e-comic RIKA dengan model pembelajaran PBL lebih efektif daripada metode konvensional jika ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis siswa. 2) penggunaan e-comic RIKA dengan model pembelajaran PBL tidak lebih efektif daripada metode konvensional jika ditinjau dari motivasi belajar siswa. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Penggunaan E-Comic RIKA Dengan PBL KW - Kemampuan Komunikasi Matematis KW - Motivasi Belajar M1 - skripsi TI - EFEKTIVITAS PENGGUNAAN E-COMIC MATEMATIKA ?RIKA? DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DITINJAU DARI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP PADA MATERI STATISTIKA AV - restricted EP - 270 ER -