eprintid: 61217 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/06/12/17 datestamp: 2023-11-02 07:33:02 lastmod: 2023-11-02 07:33:02 status_changed: 2023-11-02 07:33:02 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Sayidatul Maghfiroh Az Zahra, NIM.: 19104040058 title: EFEKTIVITAS MODEL LEARNING CYCLE 7E DENGAN METODE TWO STAY TWO STRAY TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK ispublished: pub subjects: met_pemb subjects: pen_mat divisions: pr_pendidikan_matematika_s1 full_text_status: restricted keywords: Kemampuan Berpikir Kritis, Minat Belajar, Model Learning Cycle 7E, Model Learning Cycle 7E dengan Metode Two Stay Two Stray. note: Pembimbing: Suparni, S.Pd., M.Pd. abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) keefektifan model learning cycle 7E daripada model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik, (2) keefektifan model learning cycle 7E dengan metode two stay two stray daripada model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik, (3) keefektifan model learning cycle 7E dengan metode two stay two stray daripada model learning cycle 7E terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik, (4) keefektifan model learning cycle 7E daripada model pembelajaran konvensional terhadap minat belajar peserta didik, (5) keefektifan model learning cycle 7E dengan metode two stay two stray daripada model pembelajaran konvensional terhadap minat belajar peserta didik, dan (6) keefektifan model learning cycle 7E dengan metode two stay two stray daripada model learning cycle 7E terhadap minat belajar peserta didik. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi experiemnt) dengan desain penelitian yaitu nonequivalent control group design. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu model learning cycle 7E dan model learning cycle 7E dengan metode two stay two stray serta variabel terikat yaitu kemampuan berpikir kritis dan minat belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII MTs Negeri 9 Bantul, dan sampel penelitian ini yaitu kelas VII C sebagai kelas eksperimen I, kelas VII A sebagai kelas eksperimen II, dan kelas VII B sebagai kelas kontrol. Analisis data yang digunakan pada data kemampuan berpikir kritis adalah uji Kruskall Wallis sedangkan untuk data minat belajar adalah Uji Anova Satu Jalur dilanjut dengan Uji Scheffe dengan terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat berupa uji normalitas dan uji homogenitas pada kedua data tersebut. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) model Learning Cycle 7E tidak lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik, (2) model Learning Cycle 7E dengan metode two stay two stray tidak lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan berpikir kritis, (3) model Learning Cycle 7E dengan metode two stay two stray tidak lebih efektif dibanding model Learning Cycle 7E terhadap kemampuan berpikir kritis, (4) model Learning Cycle 7E lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional terhadap minat belajar peserta didik, (5) model Learning Cycle 7E dengan metode two stay two stray lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional terhadap minat belajar peserta didik, (6) model Learning Cycle 7E dengan metode Two Stay Two Stray tidak lebih efektif dibanding model Learning Cycle 7E terhadap minat belajar peserta didik. date: 2023-08-01 date_type: published pages: 443 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Sayidatul Maghfiroh Az Zahra, NIM.: 19104040058 (2023) EFEKTIVITAS MODEL LEARNING CYCLE 7E DENGAN METODE TWO STAY TWO STRAY TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61217/1/19104040058_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61217/2/19104040058_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf