%A NIM.: 19104060003 Didan Sopian %O Pembimbing: Muhammad Zamhari, S.Pd.Si., M.Sc., %T PENGEMBANGAN SOAL HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) PADA MATERI STOIKIOMETRI BERBASIS INTEGRASI-INTERKONEKSI KEISLAMAN UNTUK SISWA SMA/MA KELAS X %X Pembelajaran berbasis kemampuan berpikir tingkat tinggi atau Higher Order Thinking Skills (HOTS) menjadi alternatif dalam menghadapi tuntutan abad 21. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan tes Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada materi stoikiometri berbasis integrasi Islam yang memenuhi aspek validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan model Tessmer. Kualitas produk divalidasi oleh ahli materi, ahli media, dan ahli Integrasi Islam dengan skor masing-masing 98,96%, 99,03%, dan 73,13%. Kemudian, produk juga dinilai oleh enam reviewer (guru kimia) dengan skor 93,26% dengan kategori sangat baik. Produk diujicobakan pada 75 siswa kelas 10 dengan 16 butir soal valid dan 4 butir soal tidak valid dengan reliabilitas sangat tinggi yaitu 0,843. Pada tingkat kesukaran, produk berisi 6 soal mudah, 10 soal sedang, dan 4 soal sukar, dengan lebih dari 75% soal mampu membedakan siswa yang berkemampuan tinggi dan rendah. Oleh karena itu, instrumen yang dikembangkan cocok untuk mengukur HOTS dan integrasi Islam pada materi stoikiometri. %K HOTS, Instrumen Tes, Stoikiometri, Integrasi Sains-Islam %D 2023 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib61229