%A NIM.: 19104060016 Dian Ajeng Anggraeni %O Pembimbing: Agus Kamaludin, M.Pd. %T PENGEMBANGAN VIDEO POWTOON MATERI TERMOKIMIA BERMUATAN EVERYDAY LIFE PHENOMENA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA PEMBELAJARAN ONLINE %X Pelaksanaan pembelajaran secara online menyebabkan proses pembelajaran tidak berlangsung maksimal hingga terjadi fenomena learning loss. Fenomena learning loss ini ditandai dengan adanya penurunan prestasi belajar, minat belajar, dan meningkatnya kejenuhan siswa selama proses pembelajaran. Sehingga dibutuhkan media pembelajaran untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berupa video animasi Powtoon pada materi termokimia yang bermuatan everyday life phenomena untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam proses pembelajaran online. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (RnD) dengan model pengembangan 4D yang terdiri dari tahap define, design, development, dan dissemination. Produk dinilai dan divalidasi oleh ahli materi, ahli media, reviewer, dan respon siswa. Instrumen yang digunakan berupa lembar penilaian kualitas produk dan respon siswa. Hasil penilaian kualitas produk dari ahli materi sebesar 94.3% dengan kriteria sangat baik, ahli media sebesar 90% dengan kriteria sangat baik, dan reviewer sebesar 94.2% dengan kriteria sangat baik. Siswa SMA kelas XI memberikan respon positif terhadap produk yang dikembangkan dengan persentase sebesar 93%. Berdasarkan hasil penilaian, produk yang dikembangkan dapat digunakan sebagai media alternative saat pembelajaran online pada materi termokimia dan mampu meningkatkan pemahaman siswa. %K Everyday Life Phenomena, Pembelajaran Online, Termokimia, Video Animasi %D 2023 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib61232