%A NIM.: 19104060039 Firman Walidi Salam %O Pembimbing: Jamil Suprihatingrum, S.Pd.Si., M.Pd.Si., Ph.D. %T ANALISIS KEMAMPUAN CALON GURU KIMIA DALAM MERANCANG PEMBELAJARAN INKLUSIF BERDASARKAN KERANGKA TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL AND CONTENT KNOWLEDGE (TPACK) DAN UNIVERSAL DESIGN FOR LEARNING (UDL) %X Technological, Pedagogical, and Content Knowledge (TPACK) merupakan kerangka kerja yang berguna dalam mengintegrasikan teknologi digital pada pembelajaran. Kerangka kerja TPACK ini dapat disandingkan dengan Universal Design for Learning (UDL) untuk menciptakan kelas kimia inklusif. Penelitian ini berfokus pada model struktural hubungan antara komponen TPACK dengan UDL dalam upaya mendesain pembelajaran kimia inklusif. Pengambilan data dilakukan dengan kuesioner yang disebar melalui google form kepada 154 calon guru kimia dari empat perguruan tinggi di Indonesia. Metode partial least square structural equation modeling (PLS-SEM) pada software SmartPLS 4 digunakan untuk menguji measurement dan structural model TPACK-UDL serta multi-group analysis. Hasil uji measurement model menunjukan bahwa dari 60 butir pernyataan yang dirancang, hanya 40 butir yang dapat diterima. Path modeling pada penelitian ini dapat diterima dan dapat digunakan untuk mengolah data melalui uji structural model. Hasil penelitian menunjukkan perpotongan TPACK-UDL terjadi pada komponen dasar PK (pedagogical knowledge) yang mempengaruhi PCK (pedagogical content knowledge) dengan UDL dan TPK (technological pedagogical knowledge) dengan TPACK. Hasil dari multi-group analysis menunjukan tidak ada perbedaan yang signifikan terhadap sebagian besar path coefficients antaruniversitas yang dijadikan sampel penelitian. %K Calon Guru Kimia, Multi-Group Analysis, Structural Equation Modeling, TPACK, UDL. %D 2023 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib61237