@phdthesis{digilib61274, month = {August}, title = {STUDI KOMPARASI PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA MADRASAH ALIYAH WATHONIYAH ISLAMIYAH KARANGDUWUR DENGAN SISWA MADRASAH ALIYAH SALAFIYAH WONOYOSO KEBUMEN}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA}, author = {NIM. 99424538 Muslimah}, year = {2004}, note = {Pembimbing: Drs. Nazri Syakur, M. A}, keywords = {kurikulum Bahasa Arab; pembelajaran Bahasa Arab; prestasi belajar}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61274/}, abstract = {Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan di atas dapat disimpulkan sebagai berikut I. Pengajaran Bahasa Arab di MA Wathoniyah lslamiyah dan MA Salafiyah Wonoyoso menggunakan kurikulum Depag dan kurikulum lokal. Dalam pelaksanaannya, pengajaran Bahasa Arab di MA Wathoniyah lslamiyah dan MA Salafiyah Wonoyoso menerapkan pendekatan nadhor(vatulfuru'. Yaitu selain diajarkan Bahasa Arab secara umum juga diajarkan cabangcabang ?dari bahasa itu sendiri dengan guru dan jam mata pelajaran tersendiri. Materi-materi peljaran Bahasa Arab yang diajarkan diambil dari buku mata pelajaran Bahasa Arab karangan Ors. H. Hidayat, dkk. kurikulum 1994 2. Perbedaan prestasi belajar Bahasa Arab antara siswa MA Wathoniyah Islamiyah dengan siswa MA Salafiyah Wonoyoso cukup signifikan yaitu: a Prestasi belajar Bahasa Arab Kelas II MA Wathoniyah lslamiyah Karangduwur menunjukkan hasil yang cukup memuaskan dari standar dengan rata-rata 7, I. b. Prestasi belajar Bahasa Arab yang diperoleh kelas Il MA Salafiyah Wonoyoso Kebumen menunjukkan hasil yang cukup dengan rata-rata 6,2.} }