%0 Thesis %9 Skripsi %A Adella Nur Azizah, NIM.: 19104080058 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2023 %F digilib:61277 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Media Pembelajaran, Flash Card, Motivasi Belajar %P 107 %T PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN FLASH CARD PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIS MATERI TAJWID DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV MI MUHAMMDIYAH TRUKAN GUNUNGKIDUL. %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61277/ %X Masalah utama dalam penelitian ini yaitu belum tersedianya media pembelajaran yang memudahkan siswa dalam memahami materi tajwid dengan baik, Sehingga dengan adanya media pembelajaran tajwid berupa kartu flash card diharapkan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa . Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran kartu flash card terhadap motivasi belajar tajwid. Penelitian ini dilaksanakan di MI Muhammadiyah Trukan Paliyan Gunungkidul dengan jumlah siswa 17 orang. jumlah sampel yang dugunakan ialah seluruh siswa kelas IV dengan menggunakan teori sampling jenuh. Pengumpulan data dilakukan dengan cara pengisian angket kuisioner dan dokumentasi. Berdasrkan hasil pembahasan tentang media pembelajaran flash card dan motivasi belajar dan analisi data, maka penulis dapat menyimpulkan bahwa: media pembelajaran flash card berpengaruh negatif dan siginikan terhadap motivasi belajar siswa MI Muhammadiyah Trukan. Besarnya sumbangan variabel media pembelajaran flash card terhadap motivasi belajar tajwid (Y) sebesar 0,511 x 100% = 51,1 % sedangkan 48,9% disebabkan oleh variabel di luar penelitian ini. %Z Pembimbing: Eko Suhendro, M.Pd