%0 Thesis %9 Skripsi %A Salma Fithrotun Nisa’, NIM.: 19104080081 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2023 %F digilib:61278 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Kemandirian, Pendekatan Backward, Kurikulum Merdeka %P 416 %T KEMANDIRIAN GURU KELAS 4 DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SDIT SALSABILA AL MUTHI’IN %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61278/ %X Implementasi Kurikulum Merdeka termasuk sebuah gagasan yang lumayan baik dipraktikkan dalam ranah pendidikan, sebab selain pendidik diharapkan dapat berkreativitas secara maksimal selama kegiatan belajar mengajar, juga mampu secara mandiri mengeksplorasi lebih dalam terkait dengan bakat siswa serta membentuk siswa sebagai individu yang inventif, kreatif, dan mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Kemandirian guru kelas 4 dalam implementasi Kurikulum Merdeka di SDIT Salsabila Al Muthi’in, 2) Model implementasi Kurikulum Merdeka di SDIT Salsabila Al Muthi’in. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kualitatif dengan desain penelitian berupa studi kasus. Penelitian ini menggunakan Teknik purposive sampling dalam menetukan informan penelitian. Terdapat 4 informan penelitian, yaitu kepala sekolah, waka kurikulum, guru kelas 4A dan guru kelas 4B. Pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan 3 teknik, yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data dari model Miles and Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data, dan pengambilan simpulan. Adapun teknik pengabsahan data yang digunakan pada penelitian ini adalah triangulasi teknik. Hasil penelitian membuktikan bahwa: 1) Kemandirian Guru Kelas 4 dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di SDIT Salsabila Al Muthi’in mencakup 4 hal, yaitu tanggung jawab dalam implementasi Kurikulum Merdeka, independen dalam implementasi Kurikulum Merdeka, inisiatif dalam implementasi Kurikulum Merdeka, dan pengendalian diri dalam implementasi Kurikulum Merdeka. 2) Implementasi Kurikulum Merdeka di SDIT Salsabila Al Muthi’in menerapkan model eklektik, yaitu perpaduan antara Overcoming Resistance to Change Model (ORC), Educational Parts, Unit, and Loop Model, dan Educational Change Model. %Z Pembimbing: Dr. Andi Prastowo, S.Pd.I., M.Pd.I.