eprintid: 61278 rev_number: 17 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/06/12/78 datestamp: 2023-11-02 07:33:42 lastmod: 2023-11-02 07:33:42 status_changed: 2023-11-02 07:33:42 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Salma Fithrotun Nisa’, NIM.: 19104080081 title: KEMANDIRIAN GURU KELAS 4 DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SDIT SALSABILA AL MUTHI’IN ispublished: pub subjects: kur_pen divisions: pgmi full_text_status: restricted keywords: Kemandirian, Pendekatan Backward, Kurikulum Merdeka note: Pembimbing: Dr. Andi Prastowo, S.Pd.I., M.Pd.I. abstract: Implementasi Kurikulum Merdeka termasuk sebuah gagasan yang lumayan baik dipraktikkan dalam ranah pendidikan, sebab selain pendidik diharapkan dapat berkreativitas secara maksimal selama kegiatan belajar mengajar, juga mampu secara mandiri mengeksplorasi lebih dalam terkait dengan bakat siswa serta membentuk siswa sebagai individu yang inventif, kreatif, dan mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Kemandirian guru kelas 4 dalam implementasi Kurikulum Merdeka di SDIT Salsabila Al Muthi’in, 2) Model implementasi Kurikulum Merdeka di SDIT Salsabila Al Muthi’in. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kualitatif dengan desain penelitian berupa studi kasus. Penelitian ini menggunakan Teknik purposive sampling dalam menetukan informan penelitian. Terdapat 4 informan penelitian, yaitu kepala sekolah, waka kurikulum, guru kelas 4A dan guru kelas 4B. Pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan 3 teknik, yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data dari model Miles and Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data, dan pengambilan simpulan. Adapun teknik pengabsahan data yang digunakan pada penelitian ini adalah triangulasi teknik. Hasil penelitian membuktikan bahwa: 1) Kemandirian Guru Kelas 4 dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di SDIT Salsabila Al Muthi’in mencakup 4 hal, yaitu tanggung jawab dalam implementasi Kurikulum Merdeka, independen dalam implementasi Kurikulum Merdeka, inisiatif dalam implementasi Kurikulum Merdeka, dan pengendalian diri dalam implementasi Kurikulum Merdeka. 2) Implementasi Kurikulum Merdeka di SDIT Salsabila Al Muthi’in menerapkan model eklektik, yaitu perpaduan antara Overcoming Resistance to Change Model (ORC), Educational Parts, Unit, and Loop Model, dan Educational Change Model. date: 2023-07-24 date_type: published pages: 416 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Salma Fithrotun Nisa’, NIM.: 19104080081 (2023) KEMANDIRIAN GURU KELAS 4 DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SDIT SALSABILA AL MUTHI’IN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61278/1/19104080081_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61278/2/19104080081_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf