@phdthesis{digilib61279, month = {June}, title = {PENGEMBANGAN LKPD MATEMATIKA MATERI PENGUKURAN WAKTU TEMA 8 SUBTEMA 1 UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR KELAS II SD/MI}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 19104080044 Hanifatul Chusna}, year = {2023}, note = {Pembimbing: Dr. Hj. Endang Sulistyowati, M. Pd. I.}, keywords = {LKPD, Kemandirian Belajar, Matematika, Materi Pengukuran Waktu}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61279/}, abstract = {Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) menghasilkan produk LKPD untuk meningkatkan kemandirian belajar peserta didik, (2) memperoleh LKPD yang layak, (3) mengetahui respon peserta didik terhadap LKPD yang dikembangkan, (4) dan mengetahui kemandirian belajar peserta didik sebelum dan sesudah menggunakan produk LKPD yang dikembangkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian R\&D (Research and Development) dengan prosedur mengadaptasi model pengembangan ADDIE dan disertai dengan metode penelitian eksperimen yang digunakan untuk mengetahui tingkat kemandirian belajar peserta didik terhadap produk LKPD yang dikembangkan. Uji coba produk penelitian ini adalah kelas II B MIN 3 Bantul. Data dalam penelitian ini berupa data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari hasil observasi, wawancara, serta kritik dan saran dari ahli materi, ahli media, wali kelas II, peer-review, dan respon peserta didik mengenai produk LKPD. Data kuantitatif diperoleh melalui penilaian produk, angket respon peserta didik, dan angket kemandirian belajar. LKPD yang dikembangkan dinyatakan ?Sangat Layak? digunakan untuk kelas II SD/MI semester II berdasarakan penilaian kategori Sangat Baik (SB) dari ahli materi, Sangat Baik (SB) dari ahli media, Sangat Baik (SB) dari guru kelas II, dan Sangat Baik (SB) dari dari teman sejawat. Hasil dari uji respon peserta didik mendapatkan hasil respon positif terhadap LKPD yang dikembangkan dengan skor rata-rata 96.66\%. LKPD yang dikembangkan mampu meningkatkan kemandirian belajar peserta didik dengan skor N-Gain sebesar 0.55 dengan kategori sedang. Hal ini juga dapat dilihat dari hasil pre-test sebesar 18 dan hasil post-test sebesar 21.31 yang mengalami peningkatan sebesar 3.31. Hasil observasi juga memperlihatkan bahwa terdapat peningkatan pada aspek percaya diri, aspek mampu bekerja sendiri, aspek tanggung jawab, aspek hasrat ingin maju, dan aspek aktif dalam belajar. Sedangkan pada aspek mampu mengambil keputusan dan aspek disiplin, tidak terlihat perubahan yang signifikan pada diri peserta didik. Dengan demikian, peserta didik perlu adanya pendampingan dari orang yang lebih dewasa agar kemandirian belajar peserta didik dapat lebih meningkat.} }