relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61292/ title: STRATEGI REKRUTMEN MAHASISWA BARU S1 FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA ANGKATAN 2022 creator: Reka Zivana Ayu Neysa, NIM.: 19104090078 subject: Manajemen Pendidikan description: Latar belakang penelitian ini bermula dari UIN Sunan Kalijaga yang kembali menjadi PTKIN dengan daya saing tertinggi pada tahun 2022 dan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan menjadi fakultas yang memiliki prodi dengan total peminat terbanyak. Penelitian ini menjelaskan tentang bagaimana strategi rekrutmen mahasiswa baru Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga pada angkatan 2022. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Narasumer untuk penelitian ini yaitu: Mahasiswa Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan angkatan 2022 dari 9 (sembilan) program studi dan Staff Admisi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data di lakukan dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data di lakukan dengan cara triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil dari penelitian ini: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga memiliki dua strategi dalam rekrutmen mahasiswa baru yakni strategi formal dan informal. Pertama, strategi formal terdiri dari: (a) strategi rekrutmen mahasiswa baru UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta yakni dengan sosialisasi ke daerah 3T, promosi melalui media online maupun cetak, dan seleksi jalur masuk yang terdiri dari seleksi SPAN-UMPTKIN, SNMPTN-UTBK, Mandiri. (b) strategi di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan yakni melakukan kolaborasi kerjasama dengan berbagai macam pihak baik dalam Negeri maupun Luar Negeri hal ini didukung juga dengan International Confrence sebagai wadah ilmiah multinasional antar civitas akademika dan para pegiat profesional pendidikan. Kedua, strategi informal yakni dengan adanya praktik Word Of Mouth (WOM) yang tidak terdeteksi oleh lembaga di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga yang memiliki tiga aspek, terdiri dari aspek pesan yakni keterlibatan orang terdekat menjadi faktor penting bagi calon mahasiswa baru dalam mengambil keputusan, aspek sumber informasi yakni kemudahan akses informasi membuat calon mahasiswa baru yakin terhadap apa yang mereka pilih, dan aspek hasil yakni kemauan para mahasiswa untuk menyebarkan informasi mengenai UIN Sunan Kalijaga. Pola WOM yang didapat ialah komunikasi rantai dan hasil presentase dari 41 informan yang mengetahui Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan melalui strategi formal ialah 34% sedangkan melalui strategi informal ialah 66%. date: 2023-05-27 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61292/1/19104090078_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61292/2/19104090078_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf identifier: Reka Zivana Ayu Neysa, NIM.: 19104090078 (2023) STRATEGI REKRUTMEN MAHASISWA BARU S1 FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA ANGKATAN 2022. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.