TY - THES N1 - Pembimbing: Dr. Nasiruddin, M.Si., M.Pd ID - digilib61300 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61300/ A1 - Imamatul Islamiyah, NIM: 19204020023 Y1 - 2023/08/22/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran profesionalisme guru bahasa Arab, hafalan Al-Qur?an dan prestasi belajar bahasa Arab di SMP IT Abu Bakar Fullday School Yogyakarta. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif menggunakan metode simple random sampling untuk Menentukkan siswa tahfidzul qur?an yang menjadi sampel penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, tes, dokumentasi dan observasi. Teknik analisis yang digunakan adalah SmartPLS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hafalan Al-Qur?an dan prestasi belajar bahasa Arab yang dimiliki oleh Siswa di SMP IT Abu Bakar Fullday School Yogyakarta masing-masing dalam kategori yang tinggi dengan prosentase sebesar 38,89% atau 35 peserta didik dan 36,67% atau 33 peserta didik. Peran profesionalisme guru SMP IT Abu Bakar Fullday School Yogyakarta yang sedang dengan nilai prosentase 33,33% atau 30 responden. Peran profesionalisme guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap hafalan Al-Qur?an, hal ini dibuktikan dengan nilai p values sebesar 0.002 < 0,05. Kompetensi guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar bahasa Arab, hal ini dibuktikan dengan nilai p values sebesar 0.035 < 0,05. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Hafalan Al-Qur?an; prestasi belajar bahasa Arab; peran profesionalisme guru. M1 - masters TI - PERAN PROFESIONALISME GURU DALAM HAFALAN AL-QURAN DAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB DI SMP IT ABU BAKAR FULLDAY SCHOOL YOGYAKARTA AV - restricted EP - 158 ER -