TY - THES N1 - Pembimbing: Dr. Muhajir., S.Pd.I., M.S.i ID - digilib61301 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61301/ A1 - Renaldi Darmawan, NIM: 19204020024 Y1 - 2023/08/24/ N2 - Tesis ini bertujuan untuk mengetahui seperangkat Pembelajaran NAhwu yang valid untuk ditujukan pada siswa tingkat pertama.Yang sepadan sesuai dengan tingkatannya, dan bisa memahami maknanya secara benar. Proses belajar mengajar yang efektif dan menyenangkan dengan prosedur- prosedur dalam mempelajari Ilmu Nahwu yang berkaitan dengan Kitab Al-Rad Ala Al-Nuhat karya Ibnu Madha . Penelitian ini merupakan penelitian Pepustakaan atau library research dengan menganalisis metode yang terkait dengan data buku yang diteliti, serta dengan menggunakan sumber-sumber yang akurat baik itu dari pustaka terdahulu maupun bukur eferensi dan lain-lain. Sumber data primer yang digunakan untuk mengetahui buku ?Al-Rad Ala Al-Nuhat? karya Ibnu Madha, yang berisi tentang seperangkat Kitab Al-Rad Ala Al-Nuhat Bahasa Arab dengan konstruksi pembelajaran nahwu. Adapun data sekunder yang akan digunakan oleh penulis adalah buku-buku atau dokumen lain yang berkaitan dengan pembahasan ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kitab Al-Rad Ala Al-Nuhat juga termasuk kategori buku yang ideal untuk pegangan seorang guru, karena disebutkan konsep mendidik tidak hanya mengajar hingga siswa betul-betul faham dan senang terhadap ilmu yang dipelajari. Selain itu, pentingnya proses belajar mengajar Pembelajaran Nahwu mencakup jenis kegiatan dan prosedur yang guru susun dalam situasi tertentu yang berinteraksi dengan siswa, sehingga melalui interaksi tersebut mereka dapat melafalkan pola linguistik yang berkaitan dengan nahwu. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Konstruksi; Pembelajaran Nahwu; Karya Ulama KW - Buku M1 - masters TI - KONSTRUKSI PEMBELAJARAN NAHWU MENURUT IBNU MADHA DALAM KITAB AL-RAD ALA AL-NUHAT AV - restricted EP - 144 ER -