%0 Thesis %9 Masters %A Ubaidillah, S.Pd., NIM: 19204022007 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2023 %F digilib:61303 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Bahasa Arab; Maharah Al-Kalam; Psikolinguistik %P 149 %T KOMPETENSI MAHARAH AL-KALAM MAHASISWA MAGISTER PENDIDIKAN ARAB TAHUN ANGKATAN 2021 %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61303/ %X Keterampilan Maharah Al-Kalam merupakan keterampilan yang seyogyanya mampu dikuasai oleh para mahasiswa. Terkhusus bagi para mahasiswa Prodi Magister Pendidikan bahasa Arab. mahasiswa tersebut mampu menguasai keterampilan ini. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis kemampuan berbahasa dan faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan berbahasa mahasiswa. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Objek yang dijadikan penelitian adalah mahasiswa Prodi Magister Pendidikan Bahasa Arab UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta tahun angkatan 2021 semester ganjil-genap. Hasil dari penelitian ini adalah; 1). Hasil angket perspektif mahasiswa mengenai kemampuan berbahasa menunjukkan 20 mahasiswa masuk kategori rendah, 39 mahasiswa masuk kategori sedang, dan 1 mahasiswa masuk kategori tinggi dalam kemampuan berbicara bahasa Arab. 2) upaya yang dilakukan mahasiswa untuk meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Arab bisa dengan mengikuti bimbingan/kurus bahasa Arab, memperbanyak hafalan, sering mendengarkan percakapan dari native speaker, dan sering berlatih sendiri maupun dengan orang lain, 3) atau Kemudian faktor yang mempengaruhi pemerolehan bahasa dibagi menjadi dua, yaitu faktor internal meliputi Percaya diri, minat, motivasi diri, mental, dan kesiapan mahasiswa, dan faktor eksternal yang berkaitan dengan motivasi, lingkungan sekitar, latar belakang pendidikan dan peran Prodi Magister Pendidikan Bahasa Arab. %Z Pembimbing: Dr. Dailatus Syamsiyah, S.Ag., M.Ag.