%A NIM : 19204080004 Yuliananingsih %O Pembimbing: Dr. Ahmad Arifi, M.Ag %T STRATEGI PEMBELAJARAN DARING DI MIN 2 SLEMAN YOGYAKARTA PADA MASA PANDEMI COVID-19 %X Salah satu kemampuan dan keahlian profesional utama yang harus dimiliki oleh para pendidik adalah kemampuan bidang pendidikan dan keguruan, khususnya terkait dengan strategi pembelajaran. Seorang guru tidak hanya dituntut untuk menguasai dan mampu mengajarkan pengetahuan dan keterampilan kepada peserta didik. Tetapi dibarengi dengan pengelolaan kelas dengan melakukan berbagai strategi pembelajaran yang menarik bagi peserta didik. Sistem pendidikan yang berkualitas tidak terlepas dari keberhasilan guru dalam merancang dan melaksanakan proses pembelajaran. Termasuk sistem pembelajaran daring. Dimana dalam pelaksanaannya menjadi perbincangan. Dengan demikian peneliti tertarik mengkaji tentang, 1) Pelaksanaan pembelajaran pada masa pandemi Covid-19; 2) Strategi pembelajaran daring; 3) Kendala dan solusi dalam penerapan pembelajaran daring di MIN 2 Sleman pada masa pandemi COVID-19. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu guna mengetahui semua masalah yang terdapat dilapangan sesuai dengan rumusan masalah yang telah disusun. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian data dianalisis dengan dideskripsikan. Subjek penelitian ini terdiri dari kepala madrasah, guru kelas, dan peserta didik. Sumber data dalam penelitian ini bersumber dari data primer dan sekunder. Data diverifikasi dengan menggunakan keabsahan data berupa triangulasi, kemudian data dianalisis dengan mereduksi data, penyajian data dan tahap terakhir penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa: 1) Pembelajaran jarak jauh yang laksanakan di MIN 2 Sleman Yogyakarta diterapkan secara daring. Pembelajaran daring diadakan dengan berbagai media yang bervariasi seperti video pembelajaran guru yang di unggah di Youtube, aplikasi whatsapp, google meet, dan google form; 2) Strategi guru dalam pembelajaran daring berupa a. Perencanaan Pembelajaran b. Pelaksanaan pembelajaran, meliputi pemanfaatan aplikasi digital dalam penyampaian pembelajaran, Strategi pembelajaran berbasis proyek dan Strategi komunikasi interaksi satu arah dan dua arah, c. Evaluasi Pembelajaran; 3) Kendala tersebut terkait fasilitas pembelajaran, ketersediaan perangkat, jaringan dan kuota internet, kontrol perkembangan belajar siswa oleh guru, tingkat pemahaman siswa yang berbeda, dan kompetensi guru. %K Strategi Guru; Pembelajaran Daring %D 2023 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib61307