TY - THES N1 - Pembimbing: Dr. H. Sumedi, M.Ag ID - digilib61314 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61314/ A1 - Ahmad Huzairin, NIM : 19204090006 Y1 - 2023/08/28/ N2 - Pada penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan peserta didik dalam hal kedisiplinan yang belum tercapai, dan juga masalah sarana prasarana yang belum memadai dengan kondisi seperti itu efektivitas pembelajaran menjadi masalah tentang ketercapaiannya. Peneliti bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah cara guru dalam mengefektifkan kegiatan pembelajaran khususnya pada pembelajaran di kelas VIII. Selain itu, dalam penelitian ini juga untuk mengetahui metode atau cara apa yang digunakan oleh guru dalam menerapkan manajemen kelas yang baik pada saat proses belajar mengajar yang berlangsung di dalam kelas, bagaimana implementasi manajemen kelasnya, dan bagaimana strategi untuk mengefektifkan dalam proses kegiatan pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif, adapun disini teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik wawancara dan teknik dokumentasi. Dalam pendekatan ini, peneliti menggunakan analisis data adapun teknik analisis data yang digunakan adalah teknik reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan keabsahan data. Berdasarkan hasil dari penelitian di SMP Al- Fajar Pringsewu Lampung, dapat disimpulkan bahwa dalam pengaturan peserta didik (kondisi emosional). Pertama perilaku atau tingkah laku pengaturan terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran, seperti mengajukan pertanyaan, berpartisipasi dalam diskusi, dan berkontribusi dalam kegiatan kelompok. Kedua pengaturan kedisiplinan siswa hadir secara teratur di sekolah dan tunduk pada aturan serta jadwal pelajaran, pengaturan tentang minat, memberikan atau membangkitan gairah atau semangat belajar peserta didik dengan memberikan hadiah dan menggunakan media yang menarik yang berkenaan dengan materi pembelajaran, dan juga guru mengatur tentang dinamika kelompok yang dimana guru akan membagi beberapa kelompok pada murid yang pintar dan murid yang biasa-biasa saja atau masih kurang paham akan materi. Sedangkan pengaturan fasilitas (kondisi fisik) yang pertama guru disini hanya membantu menjalankan atau mengelola fasilitas- fasilitas yang ada yang berkenaan dengan proses pembelajaran, lalu yang kedua dalam hal pengaturan sirkulasi udara pada ruang kelas yang nyaman dengan pencahayaan yang memadai, suhu yang nyaman, dan ventilasi yang baik. Ketiga pengaturan tentang kenyamanan. Keempat pengaturan tentang posisi tata letak yang memungkinkan semua peserta didik memiliki pandangan yang baik ke papan tulis atau layar proyektor. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Manajemen Kelas; Efektifitas Pembelajaran M1 - masters TI - IMPLEMENTASI MANAJEMEN KELAS DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DI SMP AL-FAJAR PRINGSEWU LAMPUNG AV - restricted EP - 137 ER -