%A NIM.: 20204091018 Desti Dwi Fitri %O Pembimbing: Dr. Sedya Santosa,SS, MPd. %T MANAJEMEN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN SARANA PRASARANA PENDIDIKAN (STUDI KASUS DI SMK NEGERI 1 SUKADANA) %X Sarana dan Prasarana sekolah harus memenuhi standar minimum. Dalam hal ini dapat dilihat dari PERMENDIKNAS No.24 Tahun 2007 pasal 1 menyebutkan bahwa standar sarana dan prasarana untuk sekolah dasar/madrasah ibtidaiyah (SD / MI), sekolah menengah pertama / madrasah tsnawiyah (SMP/MTs), dan sekolah menengah atas / madrasah aliyah (SMA/MA) mencakup kriteria minimum sarana dan kriteria minimum prasarana. Penilaian untuk akreditasi sekolah berkenaan dengan sarana dan prasarana harus memenuhi standar sarana dan prasarana. Selain dari hal tersebut dipilihnya bidang sarana dan prasarana pendidikan sebagai fokus kajian dan fokus penelitian karena kenyataan di lapangan dibidang ini menunjukkan kurang layaknya untuk sebagai faktor penunjang dalam penyelenggaraan kegiatan belajar mengajar yang efektif dan efisien serta kurang menunjukkan sekolah yang produktif secara kualitas maupun kuantitas. Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian lapangan (field Research) pendekatan yang digunakan adalah pendekatan deskriptif analisis, suatu metode kualitatif untuk menggambarkan dan menafsirkan untuk mempelajari pengetahuan dan memahami perilaku manusia dalam budaya lingkungan. Adapun Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan teknik reduksi data, penyajian data (display data), dan pengecekan keabsahan data melalui triangulasi kemudian penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian tentang Manajemen kepala sekolah dalam meningkatkan sarana prasarana pendidikan menunjukkan bahwa: Pertama, Manajemen kepala sekolah dalam meningkatkan sarana prasarana dengan memfasilitasi sarana dan prasarana serta mengontol langsung kegiatan sekolah. Kedua, prioritas dari sarana dan prasarana di lingkungan SMK negeri 1 sukadana lebih kepada perhotelan dan keperawatan untuk kesiapan SDM di dunia kerja serta tidak lepas dari prioritas KBM dan ekrakulikuler yang lainnya. yang Ketiga, dampak pengelolaan sarana dan prasarana dalam meningkatkan mutu pembelajaran terhadap peserta didik mampu memberikan ouput yang jelas, seperti meningkatkan pemahaman dan pengetahuan (Aspek kognitif) perilaku kerjasama antara peserta didik, (Aspek Afektif) ketrampilan peserta didik (Aspek psikomtorik). %K Manajemen, Sarana Dan Prasarana, Kepala Sekolah %D 2023 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib61317