@phdthesis{digilib61357, month = {July}, title = {STUDI KORELASI ANTARA INTENSITAS MEMBACA AL-QUR'AN DAN TINGKAT KECEMASAN MATEMATIKA DENGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS II MTs NEGERI YOGYAKARTA I TAHUN PELAJARAN 2003/2004}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA}, author = {NIM: 99434206 NANANG KURNIA WAN}, year = {2004}, note = {Pembimbing: Dra. Khurul Wardati, M.Si.}, keywords = {MATEMATIKA, PRESTASI BELAJAR, KECEMASAN}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61357/}, abstract = {Skripsi ini merupakan skripsi studi lapangan dengan pendekatan sampel yang bersifat kuantitatif, yang bertujuan meneliti korelasi antara intensitas membaca Al-Qur'an (X1) dan tingkat kecemasan matematlka (X2) dengan prestasi belajar matematika (Y). Subjek dari studi ini adalah siswa kelas II MTsN Yogyakrta I tahun pelajaran 2003/2004, dengan besar sampel yang diambil adalah 77 siswa dari 202 jumlah keseluruhan siswa dengan sistem acak (random sampling). Y aitu dari 5 kelas diambil dua kelas sebagai sampel (cluster random sampling). Hasil final dari penelitian diperoleh dengan melakukan rangkaian perhitungan ( analisis) dengan menggunakan teknik analisis korelasi sederhana Pearson (Korelasi Momen Tangkar Pearson), sehingga dipcrolch derajat korelasi untuk tiga (3) pola hubungan korelatif antar variabel sebagai berikut: pcrtama, derajat korelasi antara intensitas membaca Al-Qur'an dengan tingkat kecemasan matematika sebesar -0,294. Kedua, derajat korelasi antara tingkat kecemasan matematika dengan prestasi belajar matematika siswa sebesar -0,567. Ketiga, derajat korelasi antara intensitas membaca Al-Qur'an dengan prestasi belajar maternatika siswa sebesar 0,630. Dan untuk masing-masing pengaruh dari variabel bebas bisa dilihat dari nilai r detenninan yang sesuai dengan ketiga pola hubungan di atas. Nilai r determinan untuk korelasi antara intensitas membaca AlQur'an dengan tingkat kecemasan matematika adalah 0,086 (8,6\%). Nilai r determinan untuk korelasi antara tingkat kecemasan matematika dengan prestasi belajar matematika adalah 0,321 (32,1 \%). Nilai r determinan untuk korelasi antara intensitas membaca Al-Qur'an dengan prestasi belajar matematika adalah 0,397 (39,7\%).} }