eprintid: 61357 rev_number: 13 eprint_status: archive userid: 6 dir: disk0/00/06/13/57 datestamp: 2023-10-17 06:43:57 lastmod: 2023-11-02 07:43:57 status_changed: 2023-10-17 06:43:57 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: NANANG KURNIA WAN, NIM: 99434206 title: STUDI KORELASI ANTARA INTENSITAS MEMBACA AL-QUR'AN DAN TINGKAT KECEMASAN MATEMATIKA DENGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS II MTs NEGERI YOGYAKARTA I TAHUN PELAJARAN 2003/2004 ispublished: pub subjects: Matematika divisions: pr_pendidikan_matematika_s1 full_text_status: restricted keywords: MATEMATIKA, PRESTASI BELAJAR, KECEMASAN note: Pembimbing: Dra. Khurul Wardati, M.Si. abstract: Skripsi ini merupakan skripsi studi lapangan dengan pendekatan sampel yang bersifat kuantitatif, yang bertujuan meneliti korelasi antara intensitas membaca Al-Qur'an (X1) dan tingkat kecemasan matematlka (X2) dengan prestasi belajar matematika (Y). Subjek dari studi ini adalah siswa kelas II MTsN Yogyakrta I tahun pelajaran 2003/2004, dengan besar sampel yang diambil adalah 77 siswa dari 202 jumlah keseluruhan siswa dengan sistem acak (random sampling). Y aitu dari 5 kelas diambil dua kelas sebagai sampel (cluster random sampling). Hasil final dari penelitian diperoleh dengan melakukan rangkaian perhitungan ( analisis) dengan menggunakan teknik analisis korelasi sederhana Pearson (Korelasi Momen Tangkar Pearson), sehingga dipcrolch derajat korelasi untuk tiga (3) pola hubungan korelatif antar variabel sebagai berikut: pcrtama, derajat korelasi antara intensitas membaca Al-Qur'an dengan tingkat kecemasan matematika sebesar -0,294. Kedua, derajat korelasi antara tingkat kecemasan matematika dengan prestasi belajar matematika siswa sebesar -0,567. Ketiga, derajat korelasi antara intensitas membaca Al-Qur'an dengan prestasi belajar maternatika siswa sebesar 0,630. Dan untuk masing-masing pengaruh dari variabel bebas bisa dilihat dari nilai r detenninan yang sesuai dengan ketiga pola hubungan di atas. Nilai r determinan untuk korelasi antara intensitas membaca AlQur'an dengan tingkat kecemasan matematika adalah 0,086 (8,6%). Nilai r determinan untuk korelasi antara tingkat kecemasan matematika dengan prestasi belajar matematika adalah 0,321 (32,1 %). Nilai r determinan untuk korelasi antara intensitas membaca Al-Qur'an dengan prestasi belajar matematika adalah 0,397 (39,7%). date: 2004-07-24 date_type: published institution: UIN SUNAN KALIJAGA department: FAKULTAS TARBIYAH thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: NANANG KURNIA WAN, NIM: 99434206 (2004) STUDI KORELASI ANTARA INTENSITAS MEMBACA AL-QUR'AN DAN TINGKAT KECEMASAN MATEMATIKA DENGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS II MTs NEGERI YOGYAKARTA I TAHUN PELAJARAN 2003/2004. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61357/1/99434206_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61357/2/99434206_BAB%20II_BAB%20IV.pdf