eprintid: 61359 rev_number: 12 eprint_status: archive userid: 13169 dir: disk0/00/06/13/59 datestamp: 2023-10-17 08:15:21 lastmod: 2023-10-17 08:58:08 status_changed: 2023-10-17 08:15:21 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id creators_name: Kharisah Eka Wijaya, NIM.: 19104020002 title: TAHLIL AL-AKHTA' AL-LUGHAWIYAH FI AL-MUHADATSAH AL-YAWMIAH LADI AL-TAALIBAH BI MA’HAD AL-KAMAL AL-ISLAMY AL-‘ASHRY KUNIR WANUDADI BLITAR ispublished: pub subjects: B subjects: teo_pen divisions: jur_pba full_text_status: restricted keywords: Analisis Kesalahan; Bahasa Arab; Linguistik note: Pembimbing: Dr. R Umi Baroroh. S.Ag., M. Ag abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk kesalahan, faktor-faktor penyebab kesalahan berbahasa Arab, dan upaya yang dilakukan untuk meminimalisasi kesalahan berbahasa Arab santri putri Pondok Pesantren Terpadu Al-Kamal Kunir Wonodadi Blitar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif, yang dilakukan di asrama-asrama putri Pondok Pesantren Terpadu Al-Kamal. Pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa bentuk kesalahan berbahasa Arab pada percakapan sehari-hari santri Pondok Pesantren Terpadu Al-Kamal ada 2 yaitu kesalahan gramatikal dan kesalahan non-gramatikal. Kesalahan gramatikal terdiri dari kesalahan fonologi sebanyak 12,8%, kesalahan morfologi sebanyak 43,6%, kesalahan sintaksis sebanyak 5,1%, kesalahan semantik sebanyak 35,9%. Sedangkan kesalahan non-gramatikal sebanyak 2,6%. Faktor-faktor penyebab kesalahan berbahasa Arab pada percakapan sehari-hari santri putri adalah kurangnya keseriusan santri dalam belajar sehingga menyebabkan kurangnya pemahaman dan penerapan kaidah nahwu dan shorof. Hal ini mengakibatkan bahasa Arab dirasa sulit dan menyebabkan ketidaktahuan santri ditambah kurangnya motivasi dan kedisiplinan santri dalam penerapan kaidah yang benar. Upaya yang dilakukan untuk meminimalisir kesalahan berbahasa Arab santri putri adalah mengimplementasikan kurikulum idhofiyah secara optimal dan mereviewnya setiap semester atau 6 bulan sekali, menambah kosakata setiap hari, mengadakan Iṣ l ḥul Lugah, memberikan motivasi kepada santri melalui audio, demonstrasi dan pesona bahasa, menertibkan santri melalui peraturan kebahasaan, dan melakukan evaluasi bersama santri setiap firqoh. date: 2023-07-28 date_type: published pages: 162 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Kharisah Eka Wijaya, NIM.: 19104020002 (2023) TAHLIL AL-AKHTA' AL-LUGHAWIYAH FI AL-MUHADATSAH AL-YAWMIAH LADI AL-TAALIBAH BI MA’HAD AL-KAMAL AL-ISLAMY AL-‘ASHRY KUNIR WANUDADI BLITAR. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61359/1/19104020002_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61359/2/19104020002_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf