TY - THES ID - digilib61361 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61361/ A1 - Rizqi Nurul Faizah, NIM.: 19104020036 Y1 - 2023/08/14/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan-kesalahan apa saja yang terjadi dalam membaca teks Bahasa Arab di kelas IV MI Darul Qur?an beserta sebab-sebab yang menyebabkan terjadinya kesalahan tersebut dengan menggunakan teori Abraham Maslow mengenai hirearki kebutuhan manusia; dan untuk mengetahui usaha yang dilakukan oleh pengajar untuk mengatasi kesalahan berbahasa tersebut. Dengan penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan baru kepada semua pihak yang berkecimpung di pembelajaran bahasa Arab umumnya, dan khususnya di Madrasah Ibtidaiyah Darul Qur?an Wonosari sendiri sebagai tempat dilakukannya penelitian ini. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan. Jenis penelitiannya adalah penelitian kualitatif secara deskriptif (Kualitatif Deskriptif). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Islam Darul Qur'an Wonosari Gunungkidul. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa bentuk kesalahan membaca teks berbahasa Arab yang terjadi di MI Darul Qur?an antara lain: 1) Huruf ?" " menjadi ?" " , 2) huruf ?" " menjadi ?" " , 3) huruf ?" " menjadi ?" " , 4) huruf ?" " menjadi ?" " , 5) huruf ?" " menjadi ?" " , 6) huruf ?" " menjadi ?" " , 7) huruf ?" " menjadi ?" " , 8) huruf ?? "" menjadi ?" " , 9) huruf ?" " menjadi ?" ", 10) huruf ?" "" menjadi ?" "" , 11) huruf ?? "" menjadi ?" 12) huruf ?" " menjadi ?" ", 13) huruf ?" " menjadi ?" "" , 14) huruf ?" " menjadi ?" " . Faktor penyebab kesalahan membaca teks bahasa Arab tersebut adalah tidak terpenuhinya kebutuhan dasar manusia (Kebutuhan Fisiologis, Kebutuhan merasa aman, kebutuhan akan rasa memiliki dan kasih sayang, kebutuhan akan penghargaan dan kebutuhan akan aktualisasi diri), kurangnya minat dan motivasi siswa dalam pelajaran bahasa arab, metode pembelajaran, bahan ajar, sarana dan prasarana yang kurang memadai. Upaya yang dilakukan guru adalah memaksimalkan pemenuhan kebutuhan dasar tersebut, memberikan jeda sebelum memulai pembelajaran, memberikan perhatian khusus kepada siswa yang kurang mampu membaca teks bahasa Arab, dan memberikan reward. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Sebab-sebab Kesalahan KW - Qiro?ah; Teks Bahasa Arab; Pembelajaran KW - Bahasa Arab M1 - skripsi TI - ASBAB AL-AKHTA AL-SAWTIYAH FI QIRA'AH AL-NUSUS AL-ARABIYAH DIRASAH NAFSIYAH FI TA?LIM AL-LUGHAH AL-ARABIYYAH LADI THOLABAH AL-SHAF AL-ROBI? BI MADRASAH DAR AL-QUR?AN AL-IBTIDAIYYAH AL-ISLAMIYYAH WONOSARI GUNUNG KIDUL LIL ?AM AL-DIRASI 2022/2023 AV - restricted EP - 108 ER -