eprintid: 61368 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 6 dir: disk0/00/06/13/68 datestamp: 2023-10-17 08:16:12 lastmod: 2023-10-17 08:16:12 status_changed: 2023-10-17 08:16:12 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: ARISTI YUSTI TRIHATMI, NIM. 99434273 title: PENGARUH KEMAMPUAN PENALARAN DAN SIKAP SISWA PADA CARA MENGAJAR GURU TERHADAP KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL-SOAL GEOMETRI RUANG SISWA KELAS I SMA MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA T AHUN AJARAN 2003/2004 ispublished: pub subjects: Matematika divisions: jur_tad full_text_status: restricted keywords: GEOMETRI, MATERMATIKA, PEMBELAJARAN, SISWA, MUHA note: PEMBIMBING: Ors. Sugiyono, M.Pd abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan penalaran dan sikap siswa pada cara mengajar guru terhadap kemampuan menyelesaikan soal-soal geometri mang siswa kelas I SMA Muhammadiyah 2 Y ogyakarta tahun ajaran 200312004. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas I sebanyak 360 siswa. Sampel dalam penelitian ini beranggota 76 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan 3 instrumen, yaitu: instrument tes kemampuan penalaran sebanyak 11 butir sahib dengan koefisien reliabiltas 0,859 instmmen angket sikap siswa pada cara mengajar gum sebanyak 20 butir sahib dengan koefisien reliabilitas 0,918, dan instmmen tes kemampuan menyelesaikan soal-soal geometri ruang sebanyak 10 butir sahih dengan koefisien reliabilitas 0,840. Hasil penelitian ini menunjukkan ba11wa (1) Adanya pengaruh kemampuan penalaran terhadap kemampuan menyelesaikan soal-soal geometri ruang dengan koefisien korelasi rx1y = 0,605 dan persamaan regresi yang cliperoleh Y = 0,503X1 + 3,749 dengan koefisien determinasi sebesar 0,366, (2) Adanya pengarull sikap siswa pada cara mengajar gum terhadap kemampuan menyelesaikan soal-soal geometri rnang dengan koefisien korelasi rx2y = 0,607 dan persamaan regresi yang diperoleh Y = 0,067X2 + 4,452 dengan koefisien detenninasi 0,368, (3) Adanya pengarull kemampuan penalaran dan sikap siswa pada cara mengajar gum terhadap kemampuan menyelesaikan soal-soal regresi yang cliperoleh Y = 0,279X1 + 0,038X2 + 3,608 dan koefisien detenninasi sebesar 0,411. Kemampuan penalaran memberikan sumbangan efektif sebesar 20,234% dan sumbangan relatif sebesar 49,256%, sikap siswa pada cara mengajar gum memberikan sUillbangan efektif sebesar 20,845% dan sumbangan relatif sebesar 50,744%. date: 2004-08-03 date_type: published pages: 134 institution: UIN SUNAN KALIJAGA department: FAKULTAS TARBIYAH thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: ARISTI YUSTI TRIHATMI, NIM. 99434273 (2004) PENGARUH KEMAMPUAN PENALARAN DAN SIKAP SISWA PADA CARA MENGAJAR GURU TERHADAP KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL-SOAL GEOMETRI RUANG SISWA KELAS I SMA MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA T AHUN AJARAN 2003/2004. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61368/1/99434273_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61368/2/99434273_BAB%20II_BAB%20IV.pdf