@phdthesis{digilib61430, month = {August}, title = {PENGARUH SIKAP, KEBIASAAN BELAJAR DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS II MADRASAH ALIYAH AL-MUKMIN SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2003/2004}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA}, author = {NIM. 99434506 Daris Khairuna Noor Islami}, year = {2004}, note = {PEMBIMBING: Suwadi, M.Ag.}, keywords = {MATEMATIKA, SUKOHARJO, AL MUKMIN}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61430/}, abstract = {Skripsi ini merupakan skripsi penelitian lapangan dengan penelitian sampel. Penelitian ini mcncliti tcntang pcngaruh sikap siswa (X 1 ) terhadap prestasi belajar matcmatika (Y), Kcbiasaan belajar (X 2) tcrhadap prcstasi bcla.1{\ensuremath{<}}H rnatcmatika (Y), dan motivasi bcrprcstasi (X1) tcrhadap prcstasi belajar matcmatika. Subyck pada p?.:nclitian ini adalah siswa kclas II Madrasah Aliyah Al-Mukmin Tahun Pelajaran 2003/2004. Teknik pengambilan sampel 1)ada penelitian ini adalah Simple random sampling. Dari jumlah siswa 130 diambil sampcl 80 siswa. Berdasarkan pada basil pcnelitian dipcroleh koefisien determinasi (r2 ) sikap, kebiasaan belajar dan rnotivasi berprestasi sebesar 0,715, yang artinya bahwa variasi dalarn prestasi bclajar maternatika siswa kelas II Madrasah Aliyah Al Mukmin 71,5\%-nya dapat dijelaskan oleh sikap, kebiasaan bclajar dan rnotivasi bcrprestasi melalui garis rcgrcsi yang tel ah diperoleh Y cc 0"'61 + 0,028X 1 + 0,025X2 + 0,038X.1 Dcngan mclihat bcsar kocfisicn dctcrmi1iasi diatas dapat dikatakan bahwa masih tcrdapat faktor lain yang memberikan sumbangan terhadap tingkat prestasi belajar siswa kelas II Madrasah Aliyah Al-Mukmin tahun pelajaran 2003/2004. Besar sumbangan relatif untuk masing-masing variabcl bebas yaitu untuk prediktor X 1 scbcsar 32,29\%, untuk prcdih.tor Xe scbcsar 26,58?/o dan untuk prediktor x, scbesar 41, 1 J{\ensuremath{<}}Yt1. Besar Sumbangan efektif untuk masing-masing variabcl bcbas yaitu untuk prediktor X 1 sebesar 32,2?/o, prediktor Xo sebesar 18,97\% dan untuk prediktor X.1 sebesar 20,32\%.} }