%0 Thesis %9 Masters %A Haryati, NIM.: 21200011048 %B PASCASAJANA %D 2023 %F digilib:61433 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Budaya Pop, K-pop, Muslim K-pop %P 189 %T MENJADI MUSLIM DAN NCTZEN: FANDOM K-POP MUSLIM DI INDONESIA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61433/ %X Tesis ini mengkaji tentang fenomena anak muda muslim keranjingan K-pop yang berupaya memaknai kegiatan tersebut secara positif serta menyesuaikannya dengan koridor keislaman. Elemen budaya pop Korea seperti selalu mendengarkan lagu K-pop, langganan bubble, membeli merchandise, menonton konser, fanmeeting, menghadiri acara-acara K-pop seperti acara ulang tahun serta kegiatan galang dana dimaknai dengan tidak menanggalkan selayaknya sebagai seorang muslim. Penelitian ini berkontribusi terhadap kajian anak muda muslim dan budaya pop dengan mengembangkan gagasan Asef Bayat dan Linda Herera mengenai “Being young and Muslim”. Studi ini menunjukkan anak muda berupaya mengakomodasi aspek-aspek hiburan dengan kesalehan secara inovatif serta menggunakan musik sebagai repertoar budaya untuk mengekspresikan identitas kepemudaan dan kemusliman. Data penelitian ini diambil dan di peroleh dari observasi dan wawancara mendalam selama lima bulan kepada penggemar boy group NCT. Tesis ini menunjukkan fandom K-pop muslim cenderung dihadapkan dengan serentetan negosiasi yang terus menerus terjadi di dalam diri mereka. Bentuk dari negosiasi yang mereka lakukan yaitu dengan memaknai segala kegiatan keranjingan K-pop ke dalam ranah muslim, seperti memaknai pertemuan antara penggemar dimaknai sebagai silaturahmi, mengikuti gaya berpakaian sang idola dengan tetap bergaya islami, memaknai kegemaran mengoleksi album dimaknai untuk belajar menjadi Musadiq dan entrepreneur. Serta menjadi anak muda yang tetap religious dan taat dengan mengikuti kegiatan galang dana, dan menjadi anak muda yang tetap menjalankan ibadah sebagai seorang muslim ketika menonton konser. %Z Pembimbing: Najib Kailani, Ph.D