%A NIM: 16650089 Ridwan Pramudya Wardani %O Pembimbing: Ir. Sumarsono, S.T., M.Kom. %T RANCANG BANGUN APLIKASI MARKETPLACE BERBASIS WEB MENGGUNAKAN METODE WATERFALL (Studi Kasus : UMKM dan BUMDes Kecamatan Srandakan, Bantul) %X Perkembangan teknologi di era Society 5.0 membawa perubahan penting dalam berbagai aspek kehidupan. Kebutuhan akan informasi berkualitas, akurat, tepat waktu, dan tepat sasaran menjadi semakin vital. Pergeseran dari pemasaran konvensional (offline) ke digital (online) memudahkan calon pelanggan dalam mendapatkan informasi dan bertransaksi melalui internet. Kecamatan Srandakan memiliki potensi besar dalam UMKM dan BUMDes sebagai penggerak ekonomi dan pencipta lapangan kerja. Lebih dari 93,5% penduduk terlibat dalam 281 UMKM, membantu mengatasi pengangguran dan meningkatkan kesejahteraan. Namun, pemanfaatan media sosial untuk memasarkan produk dari UMKM dan BUMDes belum maksimal, meskipun potensinya besar. Teknologi informasi seharusnya mendukung pengembangan ekonomi dan promosi produk lokal. Namun, pelaku usaha dan konsumen masih kesulitan mendapatkan platform resmi transaksi. Untuk mengatasi tantangan ini, Metode Waterfall dipilih sebagai pendekatan pengembangan website marketplace. Metode ini menawarkan tahapan analisis, desain, implementasi, pengujian, hingga pemeliharaan aplikasi. Diharapkan pendekatan ini memastikan pengembangan aplikasi marketplace untuk UMKM dan BUMDes berjalan efisien, memenuhi kebutuhan semua pihak, dan memberikan dampak positif yang lebih luas. %K Pasar Daring; Pemasaran Digital; UMKM; BUMDes; Metode Waterfall; Rancang Bangun. %D 2023 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib61449