%0 Thesis %9 Skripsi %A Yoga Aldi Ramadhan, NIM.: 16660016 %B FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI %D 2023 %F digilib:61468 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Minat Konsumen; Regresi berganda; Purposive Sampling; Pasar Tradisional %P 84 %T ANALISIS MINAT KONSUMEN BERBELANJA DI PASAR TRADISIONAL MENGGUNAKAN METODE REGRESI BERGANDA (studi kasus : pasar tradisional Bantul, Prambanan, Beringharjo) %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61468/ %X Seiring berjalannya waktu banyak supermarket dan swalayan menjamur di berbagai daerah dan menjadikan atempat alternatif masyarakat untuk berbelanja. Hal ini dapat mempengaruhi siklus hidup dan perputaran ekonomi yang ada di pasar tradisional. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen berbelanja di pasar tradisional. Pasar tradisional yang berada di Prambanan, Bantul, dan Beringharjo. Penelitian ini menggunakan empat faktor eksternal yaitu, faktor harga, lokasi, kualitas produk, dan fasilitas. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu regresi linier berganda. Pengambilan sampel menggunakan teknik puposive sampling dengan menggunakan kriteria masyarakat yang berbelanja di pasar tradisional. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 150 responden. Dari hasil penelitian ini, disimpulkan bahwa faktor yang berpengaruh positif dan signifikan dan mempengaruhi keputusan konsumen berbelanja di pasar tradisional yaitu faktor harga, kualitas produk, dan fasilitas, sedangkan faktor yang tidak berpengaruh dan dan tidak signifikan, mempengaruhi keputusan konsumen berbelanja di Pasar Bantul yaitu faktor lokasi. Faktor yang paling dominan dalam penelitian merupakan faktor fasilitas. %Z Pembimbing: Tutik Farihah,S.T. M.Sc.