eprintid: 61478 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 13169 dir: disk0/00/06/14/78 datestamp: 2023-10-19 07:36:40 lastmod: 2023-10-19 07:36:40 status_changed: 2023-10-19 07:36:40 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id creators_name: Dimas Adji Saputra, NIM: 1666044 title: ANALISIS KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN MENGGUNAKAN METODE IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (IPA) DAN POTENTIAL GAIN CUSTOMER VALUE (PGCV) (Studi Kasus : Kafe Gandroeng Kopi, Sleman, Yogyakarta) ispublished: pub subjects: TA divisions: jur_tind full_text_status: restricted keywords: Kualitas Pelayanan; IPA; PGCV note: Pembimbing: Ir. Taufiq Aji, S.T. M.T., IPM. abstract: Kualitas pelayanan yang diberikan oleh Kafe Gandroeng memiliki peran penting karena dapat mempengaruhi tingkat kepuasan pelanggan. Untuk mencapai keberhasilan dalam memenuhi harapan pelanggan, penting bagi Kafe Gandroeng untuk memberikan pelayanan terbaik dan sesuai dengan harapan pelanggan. Sebaliknya, jika pelayanan tidak sesuai dengan harapan, maka persepsi kualitas layanan akan dianggap buruk. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis kualitas layanan di Kafe Gandroeng dengan mempertimbangkan lima dimensi kualitas layanan. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada 70 pelanggan yang menjadi responden dari Kafe Gandroeng. Selanjutnya, data tersebut digunakan untuk menghitung kesenjangan antara harapan dan persepsi pelanggan terhadap kualitas layanan. Dalam menentukan prioritas perbaikan dalam kualitas layanan digunakan dua metode, yaitu Importance Performance Analysis dan Potensial Gain Customer Value. Berdasarkan analisis IPA, atribut-atribut kualitas layanan tersebar di empat Kuadran, namun terdapat lima atribut yang memiliki prioritas perbaikan yaitu pada Kuadran satu. Dari indeks PGCV, disimpulkan bahwa “Karyawan melayani konsumen dengan cepat” menjadi prioritas utama yang perlu diperbaiki untuk meningkatkan kualitas pelayanan. date: 2023-07-20 date_type: published pages: 91 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Dimas Adji Saputra, NIM: 1666044 (2023) ANALISIS KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN MENGGUNAKAN METODE IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (IPA) DAN POTENTIAL GAIN CUSTOMER VALUE (PGCV) (Studi Kasus : Kafe Gandroeng Kopi, Sleman, Yogyakarta). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61478/1/16660044_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61478/2/16660044_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf