%A NIM.: 00410328 Ahmad Ikhda Sufiyana %O Pembimbing: Dra. Sri Sumarni, M. Pd. %T PENGARUH EFEKTIVITAS PROSES PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA DALAM BIDANG STUDI AGAMA ISLAM (Studi di SMPN 2 Klego Boyolali kelas 3) %X Dalam proses pembelajaran bukanlah membentuk manusia intelek semata tanpa memiliki jiwa manusiawi akan tetapi membentuk insan pemikir sekaligus insan yang memiliki rasa kemanusiaan dalam arti manusia yang bennoral agama. Oleh karena itu dalam proses pembelajaran anak didik dibimbing agar dapat mengembangkan keterampilan dan dapat mengolah perolehan dari hasil belajar, karena dengan demikian anak didik memiliki pengetahuan, keterampilan, dan sikap dalam hidupnya. Jadi bilamana pembelajaran bidang studi agama Islam tanpa memperhatikan aspek-aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik, maka mustahil tujuan pembelajaran agama Islam yakni membentuk kepribadian muslim pada anak didik dapat terwujud. Kesimpulan penelitian ini ada 3 yakni: 1. Tingkat efektivitas proses pembelajaran agama Islam di SMPN 2 Klego Boyolali kelas 3 tcrmasuk pada kategori sedang (80 %). 2. Tingkat Minat belajar siswa dalam bidang studi agama Islam di SMPN 2 Klcgo Boyolali kelas 3 termasuk pada kategori sedang (72,5 %). 3. Ada pengaruh antara efektivitas proses pembelajaran agama Islam dengan minat belajar siswa dalam bidang studi agama Islam dio SMPN 2 Klego Boyolali, hal ini dapat dilihat dari interpretasi harga r xy = 0,420 dengan jalan mengkonsultasikan dengan tabel nilai r dengan jumlah N=40 pada taraf signifikasi 1 % adalah 0,403 sedangkan pada taraf signifikasi 5 % adalah 0,312. dengan demikian ternyata harga r xy =0420 lebih besar daripada r tabel baik pada taraf signifikasi 1 % maupun pada taraf 5 %. Dari persamaan garis regresi y = 1,068 - 0,245 dapat dikatakan bahwa terdapat korelasi yang signifikan antara kedua variabel , korelasi tersebut dapat dilukiskan dalam bentuk garis regresi yang linier. %K minat belajar: PAI; prestasi belajar %D 2004 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib61496