<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "LMU PENGETAHUAN DAN KEHANCURAN: Studi Ma'ani al-hadis Pendekatan Filosofis"^^ . "Arti kebodohan sebagai petanda dari kehancuran, tidak sulit untuk dipahami. Tetapi bahwa, pengetahuanpun bisa menyesatkan atau menghancurkan adalah fakta pengetahuan kekinian, seperti pengetahuan yang melandasi kekerasan keagamaan dan pengetahuan yang mengalienasi kehidupan manusia seperti rasionalitas modemitas. \r\nLebih jauh lagi, dalam kehidupan kekinian, bersamaan dengan pesatnya perkembangan teknologi infonnasi dan komunikasi yang nota bene adalah basil cipta karya dan karsa manusia, masyarakat diselimuti oleh imajinasi semata. Fakta-fakata imajiner yang ditampilkan oleh televisi dan internet misalnya, menjadi kiblat pengetahuan bahkan keyakinan masyarakat. Bila televisi menampilkan coco cola masyarakat akan membelinya, bila menampilkan kekerasan, masyarakatpun akan menirunya. \r\nBerangkat dari persoalan ini, penulis berupaya mencari jawabannya dalam hadis Nabi dengan menelaah lebih jauh tentang pengetahuan yang mencerahkan, yang mampu menyelamatkan manusia dari kehancuran (Sa'ah). \r\nDengan mengambil beberapa materi hadis yang mengulas tentang ilmu dan kehancuran, upaya menyelamatkan diri dari kedlaifan hadis, penulisan melakukan penelitian sanad dan matan dengan menggunakan metodologi kritik histories, eiditis dan praktis. Dan dalam upaya memahami dimensi maknanya, penulis melakukan kajian tematik komprehensif, linguistik, dan konfirmatif. \r\nDari proses diatas, penulis menemukan beberapa inti pemahaman bahwa: Pertama, pengetahuan yang mencerahkan adalah pengetahuan yang di Iandaskan pada spiritualitas dan rasionalitas serta di aplikasikan dalam tindakan (konsistensi keilmuan). Adapun makna dari diangkatnya ilmu dalam hadis, bukan semata-mata di angkatnya para ulama'. Akan tetapi hilangnya salah satu dimensi (spiritualitas, rasionalitas dan aspek tindakan) dari sebuah ilmu. \r\nKedua, penggambaran kekacauan dalam teks hadis yang penulis teliti, yang di sandingkan dengan peringatan diangkatnya ilmu menunjukkan bahwa sebuah ilmu tidak bisa melepaskan diri dari sebuah proses peningkatan kwalitas kesadaran bahkan kehidupan seseorang ataupun masyarakat. \r\nMelihat problematika keilmuan kekinian, dimana ilmu pengetahuan juga mempunyai potensi destruktif (sa'ah), teks hadis yang penulis teliti, sanagt relevan untuk menghindari destruksi pengetahuan sebagaimana yang menjadi fenomena kekinian."^^ . "2007" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 00530304"^^ . "Ahmad Mahshun"^^ . "NIM. 00530304 Ahmad Mahshun"^^ . . . . . . "LMU PENGETAHUAN DAN KEHANCURAN: Studi Ma'ani al-hadis Pendekatan Filosofis (Text)"^^ . . . . . "00530304_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf"^^ . . . "LMU PENGETAHUAN DAN KEHANCURAN: Studi Ma'ani al-hadis Pendekatan Filosofis (Text)"^^ . . . . . "LMU PENGETAHUAN DAN KEHANCURAN: Studi Ma'ani al-hadis Pendekatan Filosofis (Other)"^^ . . . . . . "LMU PENGETAHUAN DAN KEHANCURAN: Studi Ma'ani al-hadis Pendekatan Filosofis (Other)"^^ . . . . . . "LMU PENGETAHUAN DAN KEHANCURAN: Studi Ma'ani al-hadis Pendekatan Filosofis (Other)"^^ . . . . . . "LMU PENGETAHUAN DAN KEHANCURAN: Studi Ma'ani al-hadis Pendekatan Filosofis (Other)"^^ . . . . . . "LMU PENGETAHUAN DAN KEHANCURAN: Studi Ma'ani al-hadis Pendekatan Filosofis (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "LMU PENGETAHUAN DAN KEHANCURAN: Studi Ma'ani al-hadis Pendekatan Filosofis (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "LMU PENGETAHUAN DAN KEHANCURAN: Studi Ma'ani al-hadis Pendekatan Filosofis (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "LMU PENGETAHUAN DAN KEHANCURAN: Studi Ma'ani al-hadis Pendekatan Filosofis (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #61532 \n\nLMU PENGETAHUAN DAN KEHANCURAN: Studi Ma'ani al-hadis Pendekatan Filosofis\n\n" . "text/html" . . . "Tafsir Hadist"@en . .