%A SALEHODIN - NIM. 06410153 %O Pembimbing: Dr.Hj. Marhumah, M.Pd. %T IMPLEMENTASI STRATEGI CARD SORT GUNA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGARTIKAN AYAT AL-QURAN DAN HADIS SISWA KELAS XI IPS I MAN GODEAN... %X ABSTRAK Latar belakang penelitian ini adalah berangkat dari hasil wawancara dengan guru Al-Quran Hadis kelas XI IPS I MAN Godean Sleman dimana beliau mengungkapkan bahwa masalah yang paling serius adalah kemampuan siswa yang rendah dalam mengartikan Ayat Al-Quran dan Hadis. Dilanjutkan dengan melakukan observasi pembelajaran, sehingga dapat diketahui bahwa dalam proses pembelajaran guru menggunakan metode konvensional yaitu proses pembelajaran berpusat pada guru, dan guru mengartikan Ayat Al-Quran dan Hadis dengan mendekte. Dari observasi inilah terlihat bahwa siswa tidak memperhatikan guru saat pelajaran berlangsung dan ketika dilakukan pos-tes nilai rata-rata siswa hanya 66,6. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah strategi card sort mampu meningkatkan kemampuan siswa dalam mengartikan Ayat Al-Quran dan Hadis. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dan subjek penelitiannya adalah siswa kelas XI IPS I MAN Godean Sleman yang berjumlah 28 siswa. Penelitian bersifat kualitatif, dan Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Adapun tahapan penelitian ini adalah: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi dan (4) refleksi. Penelitian dilakukan dengan tiga siklus, yaitu Siklus I, Siklus II dan Siklus III. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi card sort mampu meningkatkan kemampuan siswa dalam mengartikan Ayat Al-Quran dan Hadis dilihat dari beberapa indikator, antara lain: pertama dilihat dari kerjasama kelompok; hasilnya adalah siklus I: 75%, siklus II: 77% , dan siklus III: 90%. Kedua dilihat dari ketepatan dalam menjawab soal kelompok; hasilnya adalah siklus I: 80%, siklus II: 100%, dan silus III 100%. Dan ketiga adalah dilihat dari nilai rata-rata siswa dalam menjawab pos-tes. Adapun nilai rata-rata pos-tes siswa adalah; pada siklus I: 76,1, Siklus II: 77,7 dan siklus III: 80,83. Dari nilai ini menunjukkan bahwa ada peningkatan yang signifikan di setiap siklus yang telah dilakukan. div %K Strategi Card Sort %D 2011 %I UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta %L digilib6159