%0 Thesis %9 Skripsi %A Khusnul Khotimah Nur Fauzi, NIM.: 20102010024 %B FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI %D 2004 %F digilib:61610 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Framing, Pemboikotan, Israel, BBC News Indonesia, Tirto.id. %P 119 %T FRAMING PEMBERITAAN MEDIA ONLINE BBC NEWS INDONESIA DAN TIRTO.ID DALAM ISU PEMBOIKOTAN PRODUK ISRAEL %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61610/ %X Isu mengenai aksi pemboikotan produk Israel menjadi sorotan publik global karena melibatkan dimensi politik, agama, ekonomi, dan kemanusiaan. Aksi yang menyebar melalui media sosial ini turut memolarisasi masyarakat Indonesia. Hal ini dapat dilihat dari pemberitaan media online mengenai isu pemboikotan produk Israel yang dibingkai secara berbeda. Pemboikotan produk Israel di Indonesia menjadi topik hangat yang dibincangkan media, BBC News Indonesia dan Tirto.id termasuk media yang turut memberitakan isu tersebut hingga saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis framing pemberitaan isu pemboikotan produk Israel oleh dua media online tersebut. Metode analisis framing yang digunakan adalah model Robert N. Entman, yang melibatkan empat elemen utama: pendefinisian masalah, identifikasi penyebab, penilaian moral, dan rekomendasi penyelesaian. Data diperoleh dari artikel-artikel berita yang diterbitkan oleh kedua media dalam periode tertentu, dengan teknik purposive sampling berdasarkan relevansi tema. Hasil menunjukkan perbedaan signifikan dalam pendekatan kedua media. BBC News Indonesia cenderung kritis dan skeptis terhadap pemboikotan, menyoroti potensi dampak negatif dan mempertanyakan efektivitasnya. Sebaliknya, Tirto.id memilih pendekatan netral dan positif, menyajikan informasi tanpa penilaian moral yang tegas. Perbedaan ini mencerminkan orientasi editorial dan target audiens masing-masing media. Temuan ini menegaskan bahwa framing media dipengaruhi oleh faktor ideologi, nilai berita, dan kepentingan audiens, serta memiliki peran penting dalam membentuk persepsi publik terhadap isu-isu sensitif. %Z Dr. Hamdan Daulay, M.Si., M.A.