eprintid: 61611 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 12243 dir: disk0/00/06/16/11 datestamp: 2023-10-20 07:37:31 lastmod: 2023-10-20 07:37:31 status_changed: 2023-10-20 07:37:31 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id creators_name: Musthofa, NIM.: 00420140 title: KEMAMPUAN MENGAJAR GURU BAHASA ARAB DI MADRASAH ALIYAH YSPIS REMBANG JAWA TENGAH ispublished: pub subjects: pba subjects: ust_ divisions: jur_pba full_text_status: restricted keywords: belajar: guru Bahasa Arab; metode mengajar; analisis materi pelajaran; pengelolaan kelas note: Pembimbing: Drs. Radjasa Mu,tasim, M.Si abstract: Guru sebagai pendidik dan pengajar adalah salah satu subjek pendidikan yang mempunyai peran penting dalam menentukan keberhasilan pendidikan. Disamping sebagai seorang pendidik guru diharapkan mampu menjadi pendamping dan pembimbing siswa dalam melaksanakan aktivitas belajar. Dalam penelitian ini rumusan masalah ada 4 yakni: 1). Bagaimana pelaksanaan pengajaran bahasa Arab di Madrasah Aliyah YSPIS Rembang Jawa Tengah perspektif kemampuan mengajar yang dimiliki guru-guru. 2). Apakah Guru-Guru Bahasa Arab di Madrasah Aliyah YSPIS Rembang memiliki kemampuan dalam merencanakan pengajaran 3). Apakah Guru-Guru Bahasa Arab di Madrasah Aliyah YSPIS Rembang memiliki kemampuan dalam melaksanakan proses pengajaran 4). Apakah Guru-Guru Bahasa Arab di Madrasah Aliyah YSPIS Rembang memiliki kemampuan dalam mengevaluasi Kesimpulan penelitian ini adalah: 1. Pengajaran bahasa Arab di MA. YSPIS Rembang disamping bertujuan sesuai dengan yang ada dalam GBPP bahasa Arab Madrasah Aliyah, juga memiliki tujuan lain yakni agar siswa bisa membaca kitab kuning. Dengan menggunakan metode ; ceramah, diskusi, tanya jawab, latihan, demonstrasi dan cerita. Sedangkan pengajaran bahasa Arab di MA. YSPIS perspektif kemampuan mengajar guru ada beberapa komponen penting dalam pengajaran yaitu ; perumusan tujuan, perencanaan pengajaran, pelaksanaan kegiatan belajar mengajar dan evaluasi. 2. Secara obyektif guru bahasa Arab di MA. YSPIS Rembang tidak memiliki kemampuan dalam merencanakan pengajaran. 3. Melihat proses pengajaran yang dilaksanakan guru-guru bahasa Arab secara kualitatif guru-guru bahasa Arab di MA. YSPIS Rembang memiliki kemampuan dalam melaksanakan pengajaran dengan baik dengan menggunakan berbagai metode dan performan yang meyakinkan. 4. Secara faktual guru bahasa Arab di MA. YSPIS Rembang memiliki kemampuan yang baik dalam mengevaluasi pengajaran, baik evaluasi sumatif, formatif, dan pengadaan program perbaikan dan pengayaan. date: 2004-10-28 date_type: published institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Musthofa, NIM.: 00420140 (2004) KEMAMPUAN MENGAJAR GURU BAHASA ARAB DI MADRASAH ALIYAH YSPIS REMBANG JAWA TENGAH. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61611/1/00420140_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61611/2/00420140_BAB%20II_BAB%20IV.pdf