%0 Thesis %9 Skripsi %A Laili Khusnul Khotimah, NIM.: 00410513 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2004 %F digilib:61616 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K pembelajaran PAI; nilai afektif; siswa %T PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEREALISASIKAN NILAI AFEKTIF SISW A KELAS II A DI SMA NEGERI 2 NGAWI %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61616/ %X Pendidikan yang tidak hanya mengutamakan kecerdasan intelektual semata, namun juga kecerdasan spiritual dan ruhaniahnya juga tercapai. Dalam upaya perbaikan perilaku anak didik maka sistem pembelajaran di sekolah perlu mendapatkan langkah­langkah penyempurnaan dan pengembangan. Pengembangan pembelajaran tersebut baik dari sisi tujuan, materi, metode, media ataupun evaluasinya. Adapun Pengembangan pembelajaran PAI sudah mulai diterapkan juga di SMAN 2 Ngawi. Berbagai usaha yang dilakukan untuk menciptakan suasana pembelajaran agama yang tidak monoton dan lebih bervariatif telah nampak dalam lingkungan sekolah ini. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif yang merupakan hasil penelitian lapangan yang bertujuan untuk mengetahui infonnasi tentang pengembangan pembelajaran PAI dalam merealisasikan nilai afektif siswa kelas IIA di SMAN 2 Ngawi. Kesimpulan penelitian ini: 1. Tujuan pengembangan pembelajaran PAI adalah untuk menciptakan suasana pembelajaran P Al yang lebih kondusif serta tujuan pembelajaran PAI yang lebih menekankan pada aspek afektif siswa dapat tercapai. 2. Pelaksanaan pengembangan pembelajaran PAI pada umumnya sudah berjalan dengan baik. Komponen-komponen yang dikembangkan dalam pembelajaran PAI di sekolah ini, meliputi: Tujuan, Materi, Metode, Media, dan Evaluasi 3. Adanya Faktor pendukung dan penghambat. Faktor yang menjadi pendukung dari pengembangan PAI ini adalah adanya berbagai fasilitas di kelas unggulan, ketela