relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6167/ title: PEMBELAJARAN QOWA'ID KELAS II MTS IBNUL QOYYIM PUTRI SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN 2010-2011 (Tinjauan Pendekatan Komunikatif) creator: ROBI'ATUL ADAWIYAH - NIM. 07420038 description: ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran qowaid di kelas II MTs Ibnul Qoyyim ditinjau dari pendekatan komunikatif sebagai acuan dalam analisis, dan untuk mengetahui problema apa saja yang dihadapi guru dalam pembelajaran qowaid pada kelas II MTs Ibnul Qoyyim. Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Pendekatan ini digunakan dengan maksud untuk memahami fenomena tentang apa saja yang dialami oleh subyek penelitian seperti prilaku, minat, dan tindakan yang digambarkan dengan cara deskriptif dalam bentuk kata-kata. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi dan analisis datanya adalah analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran qowaid pada kelas II MTs Ibnul Qoyyim secara metode, materi yang diajarkan, tujuan pembelajarannya, serta evaluasi yang digunakan sesuai dengan pembelajaran bahasa komunikatif, sebab semua komponen dalam pengajaran seperti yang sudah disebutkan diatas sesuai dengan prinsip dan ciri-ciri pendekatan komunikatif. Problematika yang dihadapi guru dalam pembelajaran qowaid adalah dari segi linguistik yaitu tata bunyi, tata kalimat dan tulisan, dan dari segi non linguistik yaitu minat siswa yang rendah terhadap pelajaran qowaid, dan waktu. div date: 2011-06-30 type: Thesis type: PeerReviewed format: text language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6167/1/BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf format: text language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6167/2/BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf identifier: ROBI'ATUL ADAWIYAH - NIM. 07420038 (2011) PEMBELAJARAN QOWA'ID KELAS II MTS IBNUL QOYYIM PUTRI SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN 2010-2011 (Tinjauan Pendekatan Komunikatif). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.