TY - THES N1 - Pembimbing :Drs. Sudin,M. Hum ID - digilib61684 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61684/ A1 - Sugiharto, NIM. 99513127 Y1 - 2006/// N2 - Islam inklusif secara sederhana adalah Islam yang berwatak terbuka dan toleran. Islam inklusif sebenamya merupakan watak dari agama Islan1 itu sendiri. Pemahaman ini be1iolak dari nilai-nilai dasar agama Islam sebagai rahmatan lil 'alamin (rahmat bagi semesta alan1). Artinya, seorang muslim haruslah bisa memberikan kasih sayang kepada seluruh umat manusia melampaui batas-batas pluralitas dalam masyarakat. Implikasi dari apa yang disebut Islan1 inklusif tersebut adalah keberanian untuk membongkar pemahaman Islam yang eksklusif. Di Indonesia, gagasan Islam inklusif tersebut tampak sekali dalam pemikiran Abdurrahman Wal1id dan Nurcholish Madjid. Pemikiran Islam inklusif Nurcholish Madjid dan Abdurrahman Wahid merupakan sebuah fenomena menarik w1tuk dikaji. Hal tersebut mendorong penulis untuk menggambarkan bentuk pemikiran Islam inklusif Nurcholish Madjid dan Abdurralm1an Wahid, mencari persamaan dan perbedaan antara kedua tokoh tersebut serta berusal1a membuat sintesis antara keduanya. Kajian ini merupakan kajian pustaka dengan pendekatan fenomenologis. Karenanya, penulis menangguhkan terlebih dalmlu pandangan-pandangan terhadap pemikiran kedua tokoh tersebut yang bisa saja 1mmcul dari prakonsepsi atau dari pendapat para peneliti yang telah membahas pemikiran Nurcholish Madjid dan Abdurrahman Wahid. Semua itu ditunda dulu dan memberi kesempatan kepada obyek penelitian (pemikiran Islam inklusifNurcholish Madjid dan Abdmrahman Wahid) untuk menerangkan dirinya sendiri. Berdasar metode yang digunakan, terungkap bahwa Nurcholish Madjid dan Abdurralm1an Wahid sama-sama menggunakan pendekatan humanistik. Pebedaannya adalal1 pendekatan humanistik Nurcholish Madjid hanya terhenti pada tataran ide sementara pendekatan humanistik yang digunakan Abdurrahman Wahid lebih bernuansa pembebasan. Akibatnya, Islam inklusifNurcholish Madjid juga hanya berada dalam ide, sedangkan Abdurrahman Wahid tidak hanya inklusif pada tataran ide namun sampai pada tataran praksis. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Islam inklusif studi Komparatif Pemikiran Nurcholish Madjid dan Abdurrahman Wahid) M1 - skripsi TI - ISLAM INKLUSIF (studi Komparatif Pemikiran Nurcholish Madjid dan Abdurrahman Wahid) AV - restricted ER -