%0 Thesis %9 Skripsi %A Meita Janarti, NIM.: 01210744 %B FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI %D 2006 %F digilib:61707 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Kraetivitas, Bulletin, Analisis Isi, Dakwah %T ASPEK - ASPEK KREATIVITAS DALAM BULLETIN ASH-SHAHABI (ANALISIS ISI PESAN-PESAN DAKWAH) %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61707/ %X Buletin sebagai bagian dari media komunikasi massa di samping berfungsi untuk menyampaikan informasi mendidik menghibur juga dapat dimanfaatkan untuk mengembani isi tertentu agar dapat mengubah dan mempengaruhi perilaku maupun pengetahuan pembaca sesuai dengan misi yang diemban oleh buletin tersebut. Pemikiran kreatif adalah suatu rangkaian tindakan yang dilakukan dengan menggunakan akal budinya untuk menciptakan buah pikiran baru dari kumpulan ingatan yang berisi berbagai ide, keterangan konsep pengalaman dan pengetahuan. Dalam hal ini kreativitas dilihat dari sudut pandang jurnalistik. Kreativitas juga sangat penting bagi tim kreatif atau redaksi, untuk terus mengembangkan buletin ash-shhabi menjadi perhatian yang berkualitas. Penelitian ini mengkaji tentang bagaimana aspek-aspek kreativitas pada materi buletin as-shahabi serta pesan-pesan dakwah dalam buletin tersebut. Dalam penelitian ini yang merupakan objek penelitiannya adalah aspek-aspek kreativitas dan pesan-pesan dakwah, sedangkan subjek penelitiannya adalah buletin ash-shahabi yang berjumlah 15 edisi buletin terhitung dari edisi januari 2004 sampai dengan edisi november 2004. Untuk mengumpulkan data dalam penulisan ini peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik dokumentasi dan wawancara. Data yang diperoleh kemudian dianalisa dengan cara mengklasifikasikan pesan-pesan dakwah itu ke dalam kelompok yang telah ditentukan dengan menggunakan prosedur analisis isi. Berdasarkan hasil analisa data dan pembahasan terhadap penelitian yang dilakukan maka dapat ditarik kesimpulan bahwa buletin ash-shahabi adalah buletin yang memiliki kreativitas original dan khas sehingga berbeda dengan buletin lainnya. Secara garis besar isi rubik artikel pada bulan ini dapat diklasifikasikan persentasenya sebagai berikut; pesan ibadah 20%, pesan aqidah 20%, dan yang paling banyak adalah pesan dakwah tipe akhlak sebanyak 60%. Hal ini disebabkan untuk pemenuhan kebutuhan hal layak membaca sebagai pers komunitas yang dikonsumsi oleh para remaja untuk menarik perhatian mereka sehingga lebih berminat membaca. Meski demikian bukan berarti mengesampingkan pesan aqidah dan ibadah walaupun prosentasenya lebih sedikit. %Z Pembimbing: Casmini, S.Ag.,M.Si