%0 Thesis %9 Skripsi %A Moh. Zaenal Arifin, NIM.: 00420087 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2005 %F digilib:61728 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K anak asuh; siswa; pembelajaran Bahasa Arab; kurikulum materi %T APLIKASI THARIQAH MUBASYARAH DALAM PENGAJARAN BAHASA ARAB DI PONDOK PESANTREN YA YASAN YATIM PIATU MUHAMMADIYAH DARUSSALAM YOGYAKARTA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61728/ %X Pengajaran bahasa Arab yang dilakukan di Pondok Pesantren Yayasan Yatim Piatu Muhammadiyah Darussalam Yogyakarta adalah dengan menggunakan metode langsung (Thariqah Mubasyarah), bagaimana gambaran aplikasi thariqah mubasyarah dalam pengajaran bahasa Arab di Pondok Pesantren Yayasan Yatim Piatu ini dibahas dalam penelitian ini. Metode penelitian ini dengan metode deskriptif analisis. Analisis data yang digunakan dengan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan metode dokumentasi, observasi dan wawancara/interview. Kesimpulan penelitian ini adalah: 1. Proses pengajaran bahasa Arab di Pondok Pesantren Yayasan Yatim Pian1 Muhammadiyah Darnssaiam Y ogyakarta secara umum dapat dikatakan sudah cukup baik, karena didukung oleh fasilitas rnang belajar yang nyaman, jumlah siswa/anak asuh yang sedang, dan tenaga pengajar yang berkualitas serta penggunaan metode yang tepat. 2. Seorang pengajar bahasa hams menguasai setidaknya tiga hal yaitu : pengetahuan tentang bahasa Arab, kemahiran berbahasa Arab, keterampiian mengajarkan mengajarkan bahasa Arab. Dan secara keseluruhan gum bahasa Arab di Pondok Pesantren Yayasan Yatim Piatu Muhammadiyah Darnssalam dapat dibilang memenuhi kriteria tersebut. 3. Tujuan pengajaran bahasa Arab Pondok Pesantren Yayasan Yatim Piatu Muhammadiyah Darnssaiam Y ogyakarta adalah: agar siswa mampu menulis bahasa Arab dengan baik, agar siswa mampu membaca bahasa Arab dengan baik dan dapat berbicara serta bercakap-cakap bahasa Arab minimal tentang kehidupan sehari-hari. 4. Metode yang digunakan dalam pengajaran bahasa Arab di Pondok Pesantren Yayasan Yatim Piatu Muhammadiyah Damssalam Y ogyakarta adalah metode thariqah mubasyarah yang dilaksanakan ketika proses belajar rnengajar bahasa Arab berlangsung dan ketika ada acara-acara perternuan formal rnaupun nonformal setiap saat. 5. Thariqah rnubasyarah sangat efektif dan relevan digunakan dalam pengajaran bahasa Arab di Pondok Pesantren Y ayasan Y atirn Piatu Muharnrnadiyah Darussalam Yogyakarta karena semua anak asuh berternpat di asrama dan setiap saat bahasa Arab bisa diajarkan secara langsung setiap harinya dan kurikulum yang digunakan adalah kurikulum yang disusun oleh pengasuh dan guru bahasa Arab Pondok pesantren Yayasan Yatim Piatu Muhammadiyah Darussalam Yogyakarta sendiri. %Z Pembimbing: Dr . H. Ahmad Rodli, M.Pd