@phdthesis{digilib61764, month = {February}, title = {PENGAJARAN BAHASA ARAB Dl MADRASAH ALIYAH NEGERI YOGYAKARTA III (Analisis Tentang Kompetensi Guru)}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 00420277 Sudarti}, year = {2005}, note = {Pembimbing: Drs.Achmad Warid, M.Ag.}, keywords = {belajar mengajar; guru; siswa; pengajaran Bahasa Arab}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61764/}, abstract = {Guru bahasa Arab adalah bagian dari profesi guru pada umumnya. Guru yang ideal dalam hal ini guru bahasa Arab adalah seseorang guru harus mempunyai ilmu-ilmu yang berkaitan dengan bidang tersebut serta metode penyampaiannya. Akan tetapi dalam prakteknya, guru sering mengabaikan atau menganggap sepele terhadap teori-teori atau aturan yang ada. Sering terjadi kerancuan dalam hal guru pemegang bidang studi tidak sesuai dengan keahlian yang dimilikinya dan sering pula terdapat pelajaran yang dialihgurukan tetapi kurang tepat, sehingga proses belajar mengajar tidak maksimal dan siswa akan mengalami kejenuhan dalam belajar. Dari uraian tersebut peneliti tertarik untuk meneliti lebih mendalam bagaimana pengajaran bahasa Arab di Madrasah Aliyah Negeri Yogyakarta III dan bagaiman kualitas kompetensi guru bahasa Arab yang ada di sana. Metode yang digunakan dalam menganalisis data hasil penelitian ini adalah dengan menggunakan metode deskriptif analitik. Metode pengumpulan data dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Kesimpulan penelitian ini adalah: 1. Dilihat dari kualifikasi pendidikan, guru bahasa Arab MAN Y ogyakarta III adalah alumni dari IAIN Sunan Kalijaga fakultas Adab jurusan bahasa dan sastra Arab dan fakultas Tarbiyah jurusan bahasa Arab dan bahasa Inggris 2. Dilihat dari kompetensi bahasa yang miliki guru bahasa Arab MAN Yogyakarta III telah cukup memenuhi standar kualifikasi sebagaimana disyaratkan oleh Departemen Agama untuk guru/ calon guru bahasa Arab hanya ada beberapa hat yang perlu ditingkatkan yaitu dalam hat wawasan pengetahuan tentang negeri Arab. 3. Dilihat dari kompetensi mengajamya, guru bahasa Arab MAN Yogyakarta III telah memiliki kompetensi mengajar yang cukup baik. Hal ini dilihat dari hasit observasi yang telah penulis lakukan dan juga diperkuat dari hasit penilaian terhadap kompetensi mengajar guru bahasa Arab dengan menggunakan format penilaian kompetensi mengajar guru meskipun masih ada beberapa yang perlu diperbaiki dan ditingkatkan, yaitu datam hat penyusunan Rencana Pembelajaran dan datam pengorganisasian waktu dan juga dalam hal pemberian motivasi bagi siswa.} }