@phdthesis{digilib61765, month = {December}, title = {KECERDASAN EMOSIONAL, RELEVANSINYA DENGAN PROSES BELAJAR MENGAJAR BAHASA ARAB (Tinjauan Psikologi Belajar Bahasa Arab)}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 00420051 Hijriyatun}, year = {2004}, note = {Pembimbing: Drs. H.Nazri Syakur,M.A}, keywords = {kecerdasan emosional; interaksi pembelajaran; belajar mengajar; pengajaran Bahasa Arab}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61765/}, abstract = {Penelitian ini dilatar belakangi oleh keadaan dimana generasi sekarang lebih banyak mengalami kesulitan emosional daripada generasi sebelumnya. Mereka lebih kesepian dan pemurung, lebih beringasan dan kurang menghargai sopan santun, lebih gugup dan mudah cemas, lebih impulsif dan agresif. Atas dasar yang tersebut diatas penulis ingin meneliti keterkaitan kecerdasan emosional sebagai basis belajar bahasa Arab. Jenis penelitian ini adalah library research (penelitian kepustakaan), yaitu meneliti dan mengkaji buku-buku yang berkenaan dengan judul penelitian ini. Dalam melakukan analis data penulis menggunakan analisis dengan tehnik diskripsi analisis. Kesimpulan penelitian ini adalah: 1. Ada relevansi (hubungan) yang sangat erat antara Kecerdasan ernosional dengan proses belajar mengajar. 2. Pemanfaatan kecerdasan emosional dalam proses belajar mengajar bahasa Arab adalah dengan cara: a. Menggunakan pendekatan dalam pembelajaran bahasa yang relevan dengan kecerdasan emosional. Menurut penulis pendekatan yang relevan dengan kecerdasan emosional adalah pendekatan hurnanistik. b. Menggunakan Metode pengajaran bahasa Arab yang relevan dengan kecerdasan emosional yaitu Metode Suggestopedia, Counseling Learning Methode, dan The Silent Way.} }